SARASEHAN #3: MUDA, KREATIF, PEDULI


Sabtu, 12 Mei 2016 merupakan salah satu hari yang membuat saya berpetualang. Dari stasiun Serpong ke stasiun Buaran. Iya, Buaran yang ke arah Bekasi. Pukul 09:00 WIB saya sampai sana, tujuannya ke kantor walikota Jakarta Timur. Di ruang auditorium ada acara sarasehan, pasti banyak yang asing mendengar kata sarasehan. Padahal sarasehan ada, lho, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), artinya adalah pertemuan yang diselenggarakan untuk mendengarkan pendapat (prasaran) para ahli mengenai suatu masalah dalam bidang tertentu; simposium.


Sarasehan kali ini dihadiri 1000 pelajar di Jakarta Timur, SIBAT PMI, Blogger TDB dan KOPI, Aditya Mulya penulis buku "Sabtu Bersama Bapak", artis cantik Acha Septriasa yang menjadi istri Arifin Ilham dalam film "Sabtu Bersama Bapak". Dengan menggunakan hestek #mudakreatifpeduli, sarasehan menjadi trending topik.


Kak Al dari KOPI berteriak lantang dan diikuti seluruh pelajar. "SAYA PALANG MERAH, ANTI DVD BAJAKAN. SAYA CINTA FILM INDONESIA".

Dalam sambutannya, Ketua PMI Jakarta Timur Drs. H. R. Krisdianto, M.Si periode 2016-2022 mengatakan bahwa sudah lebih dari 1000 negara di dunia yang memiliki Undang-undang kepalangmerahan. Kita, sebagai warga negara yang baik juga harus mendukung RUU kepalangmerahan. PMI di Indonesia lahir pada 17 September 1945, dan ketua PMI pusat adalah Bapak Jusuf Kalla. Selanjutnya, penyerahan kartu anggota volunteer PMI, sebagai perwakilan kepada Mas Sobari (Obay) dari TDB, Aditya Mulya (Penulis), Acha Septriasa (Artis), dan Marsha (Penyanyi).


Siapa bilang artis enggak bisa jadi volunteer? Acha Septriasa membuktikannya, juga teman-teman artis lainnya. Dalam pembicaraannya, Acha menyampaikan kata-kata semangat di antaranya "Harus berani berkompetisi sejak kecil." Jika kita ingin bisa meraih cita-cita dan impian, maka kita harus berani bersaing, jangan malu, dan jangan takut. Motto Acha adalah "Just be yourself", menurutnya dengan menjadi diri sendiri kita akan tahu apa yang benar-benar menjadi impian kita, bukan pengaruh dari orang lain. Pesan Acha Septriasa adalah "Cintai film Indonesia. Jadikan film Indonesia tuan rumah di negeri sendiri."

Aditya Mulya, menceritakan proses penulisan dan pembuatan film "Sabtu Bersama Bapak" yang disutradarai oleh Monty Tiwa, dan Bapak Ody sebagai produser. Buku tersebut sudah 20 kali cetak, luar biasa sekali menurut saya pribadi. Pak Ody selaku produsernya dalam menutup pembcarannya mengatakan, "Kita dukung film Indonesia, saatnya bangga dengan menonton film Indonesia di bioskop, bukan DVD bajakan, karena film Indonesia keren."



Komentar