Perbedaan yang Sama dari Nurman Hakim

All Cast Bidah Cinta

"Indahnya dunia berwarna cinta  
Seperti hamparan surga 
Ketika warna berbeda 
Bersanding dengan mesra"

Lirik di atas merupakan penggalan lagu berjudul ‘Pelangi di Langit Senja’ yang dibawakan oleh Noe “Letto” sebagai original soundtrack film Bid’ah Cinta.

Nah, buat para pecinta film Indonesia, ada film baru di bulan Maret ini. Film yang dibintangi Ayushita Nugraha (Khalidah), Dimas Aditya (Kamal), dan Ibnu Jamil (Hasan) ini menggambarkan keadaan saat ini, dimana masyarakat muslim masih mempermasalahkan antara bid’ah atau tidak. Bid’ah atau Bidah itu sendiri menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah pembauran ajaran agama Islam tanpa berpedoman pada Alquran dan hadis.

Film produksi Kaninga Pictures yang akan tayang mulai 16 Maret 2017 ini layaknya yang terjadi di Indonesia, menampilkan tentang ajaran Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah. Seperti melaksanankan Maulid Nabi Muhammad SAW., mengadakan tahlilan ketika ada yang meninggal, menggunakan sirwal atau celana cingkrang karena tingginya di atas mata kaki. Sebagian melaksanakannya dan sebagian lainnya tidak dengan alasan bidah.

Film bidah cinta ini kisah dua sejoli yang berasal dari keluarga ahli bidah dan keluarga anti bidah. Tidak hanya itu, disuguhkan pula peran waria yang diperankan oleh Ade Firman Hakim (Sandra), bukan mendukung LGBT tapi hanya menunjukkan bahwa waria bukan untuk dimusuhi dan dijauhi, karena yang terjadi adalah kelainan pada hormonnya, bukan keinginan yang dibuat-buat atau sengaja melenceng dari jalur sebenarnya, walau tidak menngingkari di luar sana banyak yang hanya seakan mengikuti tren.

Di awal film saya sempat kesal dengan apa yang disuguhkan, benar-benar bikin marah, tapi makin lama ternyata semua dibanting, dalam artian yang membuat saya kesal di awal malah akhirnya twist ending, bikin saya bilang, “ooohhh, ternyata si dia yang begini dan begitu”. Nurman Hakim selaku sutradara sungguh berani mengangkat isu hangat saat ini, tentang agama dan kehidupan sosial. Bidah cinta ini film wajib nonton, karena sangat menekankan pentingnya toleransi dalam bermasyarakat. Terutama bagi yang masih mengatakan ini bidah itu bidah dan tidak terasa mungkin cinta yang menciptakan perdamaian itu sudah luntur bahkan menghilang hingga tercipta permusuhan yang justru lebih dibenci Allah dibanding melakukan yang dianggap bidah.

Saya jadi ingat sebuah komik strip yang intinya menyampaikan bahwa, dulu Rasulullah sibuk mengislamkan orang, tapi sekarang orang sudah Islam malah dikafir-kafirkan. Hmmm, bukan mana yang benar dan mana yang salah, tapi yang pastii, jangan menghakimi sesuatu yang belum ada wujudnya. 

Official trailer film Bid'ah Cinta:


Original Soundtrack Bid'ah Cinta:



Judul film:
Bid’ah Cinta

Sutradara:
Nurman Hakim

Pemain:
Ayushita Nugraha
Dimas Aditya
Ibnu Jamil
Dewi Irawan
Alex Abbad
Jajang C. Noer
Tanta Ginting
Karlina Inawati
Khiva Iskak
Fuad Idris
Ronny P. Tjandra
Yoga Pratama

Ade Firman Hakim (Sandra - Bidah Cinta)

Ibnu Jamil (Hasan - Bidah Cinta)

Komentar

  1. Waah seru juga kayanya film ini, jadi pengen nonton.
    Soundtracknya apa lagi yang nyanyi Letto, kayanya bagus nih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, cek di yutub deh mas awan. Ada lagu lainnya juga.

      Hapus
  2. Wah, gak sabar nih nunggu rilis heheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tenaaang, minggu depan udah siap tayaaang.

      Hapus
  3. Menarik juga ya tema ceritanya, apalagi sountractnya Band Letto.. Suka ini

    BalasHapus
  4. reality bgt y..semoga ga ada kontra

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada sih kontranya tapi kaum minoritas kayaknya.

      Hapus
  5. Harus Nonton nih .... semoga pas ada waktu ...

    BalasHapus
  6. Kemarin sudah m nonton tapi udah main 15menit, jadi tambah kepo nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ke bioskopnya lari mbak jadi belum mulai. Hahha

      Hapus
  7. Wih serunyaaaa, ajak2 atuh kalo ada yg seru2 gini.

    BalasHapus
  8. seru juga..apakah bakalan menuai kontrofersi... ya..

    jadi pengen nonton..

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih jika anda berkenan meninggalkan komentar. Akan saya komen balik di blog Anda. Salam. :)