Ayo Kita ke Banyumas


Saya suka banget jalan-jalan, walau cuma keluar rumah dan masuk toko buku saja sudah bahagia. Tapi, mengunjungi tempat wisata juga suka pake banget.
Mengeksplor keindahan Indonesia tidak akan ada habisnya, seolah selalu saja ada persembahan untuk para pejalan. Dari dataran tinggi hingga dasar laut. Ketika teman-teman paspornya sudah banyak cap berbagai negara, saya cuma sibuk memikirkan bisa keliling Indonesia. Bukan berarti saya enggak mau jalan-jalan ke luar negeri, tapi di Indonesia ini saja masih banyak lokasi dan kebudayaan daerah yang belum saya lihat dan kunjungi.

Dari jajaran pulau-pulau di Indonesia, saya baru di seputar pulau Jawa dan itu baru disegelintir tempat wisata. Kali ini saya ingin ke Banyumas, ya, kabupaten Banyumas ini ada di provinsi Jawa Tengah, memiliki luas 132.759,56 hektar berikut pegunungannya. Pegunungan ini dimanfaatkan masyarakat Banyumas sebagai lahan pertanian, pekarangan, pemukiman, perkebunan dan sebagian hutan tropis. 

Yang paling terkenal adalah lokawisata Baturraden, pasti sudah banyak yang tahu tentang Baturraden, tapi sejujurnya saya belum pernah ke sana, kalau lewat Banyumas Cuma lihat tulisan Baturraden di marka jalan. Banyumas dikenal dengan Negeri 1001 curug, banyak sekali curug di sana di antaranya curug gumawang, curug cipendok, dan curug ceheng. Tak ketinggalan, Banyumas punya banyak museum, ada museum BRI, museum Jenderal Soedirman, museum wayang sendang mas. Ada tempat pemandian air mineral kalibacin, masjid saka tunggal dan taman kera wangon, goa maria.

Berikut akan saya beri sedikit gambaran wisata-wisata di Banyumas yang bikin saya benar-benar ingin mengeksplornya. Selama ini kalau mudik hanya melewati Banyumas saja, tidak pernah terpikirkan untuk mampir ke tempat-tempat wisatanya. Dan, saat ini karena sudah ada jalan tol terpanjang itu saya jadi tidak lewat Banyumas lagi, tapi sekali lagi karena berbagai wisata yang menggiurkan, saya harus merencanakan perjalanan ke sana dalam waktu dekat.

Taman rekreasi:

Andhang pangrenan
Taman yang ada di atas tanah bekas terminal ini biasa dikunjungi sebagai tempat wisata keluarga, budaya, olahraga, dan enggak ketinggalan pastinya wisata kuliner yang terlengkap dan terbesar di jawa tengah bagian barat daya.

Dok. Google

Balai kemambang
Seperti namanya, kemambang yang artinya mengambang. Balainya terlihat seperti mengambang di atas permukaan air. Sarana rekreasi keluarga ini terletak di Purwokerto, di skitarnya ada taman bunga, telaga yang berisi ikan, dan karena termasuk untuk wisata keluarga jadi disediakan fasilitas bermain untuk anak-anak.

Dok. Google

Dreamland ajibarang
Di Banyumas juga ada tempat wisata air, namanya Dreamland Ajibarang. Seperti tempat wisata air pada umumnya, di sana juga tersedia kolam renang, kolam arus, sepeda air, arung jeram, yang paling seru ada flying fox. Dreamland Ajibarang ini merupakan lokasi wisata yang edukatif dan menyehatkan. Liburan sambil olahraga.

Dok. Google

Wisata Alam

Baturraden
Lokasi wisata yang satu ini berada di lereng gunung slamet, tepatnya pada 640 mdpl. Dengan suhu udara 18° hingga 25° celcius ini cukup nyaman untuk berlama-lama menikmati keindahan dengan foto-foto di berbagai spot yang keren. Kalau ke Banyumas saya harus menjelajah Baturraden.

Dok. Google

Pancuran tujuh
Pancuran tujuh biasa disebut hot spring, jaraknya enggak jauh dari Baturraden, sekitar 2.5 km, deh, bisa ditempuh dengan berjalan kaki, atau bisa juga dengan kendaraan kalau enggak mau capek berjalan kaki. Kenapa namanya pancuran tujuh? Kenapa enggak pemandian air panas aja? Iya, soalnya sumber mata air ini memiliki tujuh pancuran yang terbentuk secara alami, suhu airnya 70°C, mengandung belerang sehingga cocok untuk terapi, pengobatan sakit tulang, reumatik, dan penyakit kulit.

Dok. Google

Banyumas dikenal juga sebagai negeri 1001 curug, curug itu sendiri artinya adalah air terjun. Berikut beberapa curug yang ada di Banyumas.

Curug gumawang
Curug gumawang ini masih di dalam kawasan Baturraden. Dari ketinggian 25 meter, ditumpahkan air ke telaga kecil di bawahnya. Hiburan yang seru adalah ketika pengunjung melemparkan uang koin ke dalam kolam maka anak-anak penduduk sekitar akan melakukan atraksi lompat dari puncak air terjun ke dalam telaga untuk mengambil uang tersebut.

Dok. Google

Curug cipendok
Curug yang satu ini memiliki ketinggian 80 meter, lebih tinggi dari curug gumawang. Lokasinya di kecamatan Cilongok dan dapat dicapai dengan kendaraan selama 30 menit dari pusat kota Purwokerto.

Dok. Google

Selain curug dan pancuran tujuh sebagai tempat untuk wisata air, ada juga Pemandian air mineral kalibacin. Ini termasuk kolam renang yang airnya mengandung belerang, adanya di Kecamatan Rawalo.

Beberapa yang saya sebutkan di atas cukup membuat saya semakin ingin ke Banyumas. Pernah dengar gethuk goreng sokaraja? Itu enak, lho, gethuknya tersedia dalam varian rasa. Saya pernah makan yang rasa nangka, enggak Cuma aromanya yang nangka banget, tapi emang rasanya pun nangka banget. Lumayan untuk teman selama di perjalanan. Seni budaya di Banyumas ada yang namanya Tari Lengger, tarian ini cukup lama dan penarinya juga banyak. Biasanya disewa sebagai hiburan kalau ada yang mengadakan pesta.

Dok. Google

Dok. Google

Ada lagi yang wajib kalau jalan-jalan ke luar kota, maunya beli sesuatu yang khas daerah tersebut dan termasuk barang yang awet, kan. nah, di Banyumas kita bisa beli batik banyumas yang enggak kalah cantik dengan batik dari daerah lain di Indonesia. Di bawah ini batik Banyumas yang saya punya, cindera mata dari acara perkenalan lokawisata di Banyumas oleh Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, dan Parisiwata beberapa waktu lalu di bilangan Jakarta.


Dari semua yang dijelaskan dan semua yang informasi yang saya cari di internet, seolah meyakinkan saya untuk merencanakan perjalanan ke Banyumas, cukup dengan Rp 250.000 kita sudah bisa mengeksplore Banyumas. Bagaimana? Apa cuma saya yang mau banget ke sana?

Komentar

  1. Waahh. Terimakasih.. Infonya sangat bermanfaat...

    BalasHapus
  2. Baturaden itu yg paling hits, ternyata Banyumas menyimpan pesona wisata yg menarik lainnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak banget ternyata tapi keknya belum hits.

      Hapus
  3. Saya juga suka jalan²,kak.
    Ajakin doong.. Apalagi kalau ke Banyumas, mau pake banget! Wkwk

    BalasHapus
  4. Banyumas, banyak sekali tempat wisatanya. Ajak aku ke sana dong kakak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaelah, salah ini mah, kebalik yg ngajak

      Hapus
  5. Wah Murah 250.000 ke banyumas. Bisa berangkat Se RT

    BalasHapus
    Balasan
    1. Murah mpok, biaya hidup di sana murah banget emang.

      Hapus

Posting Komentar

Terima kasih jika anda berkenan meninggalkan komentar. Akan saya komen balik di blog Anda. Salam. :)