Bom yang Bikin Ketagihan


Makan untuk hidup atau hidup untuk makan?
Mana yang akan anda pilih? Kalau saya tergantung, iya, tergantung kapan dan apa yang dimakan.
Misalnya lagi lapar, ya, saya sebut makan untuk hidup. Tapi, kalau lag enggak lapar tapi pengin makan, ya, saya sebut hidup untuk makan. Seperti misalnya martabak, kue, bakso, dan beberapa makanan lain yang saya suka, pastinya di luar makanan pokok orang Indonesia. Makanan-makanan yang biasanya saya makan kalau lagi nongkrong dengan teman-teman atau memang sedang ingin menikmati kuliner tersebut.

Bicara tentang bakso, saya rasa enggak cuma saya yang suka dengan jenis makanan yang satu ini. Olahan daging yang berbentuk bulat ini adalah makanan peranakan Cina, bak yang artinya daging babi dan so yang berarti kepalan. Awalnya bakso berbahan dasar daging babi, layaknya bakpao dan bakcang, karena di Indonesia mayoritas adalah penduduk muslim, maka daging babi diganti dengan daging sapi, kerbau, ayam, atau ikan. Sekarang ini bakso banyak dijual dan sepertinya mayoritas masyarakat Indonesia menyukai bakso. Bakso bisa mengenyangkan, bisa juga sekadar sebagai pengganjal saat lapar bagi mereka yang porsi makannya banyak.

Di Tangerang Selatan tepatnya wilayah Ciputat, di Ruko Paris Residence Soraya Land, tepat seberang Superindo ada satu gerai dengan papan nama berwarna merah. Yup, gerai Bakso Bom Mas Erwin. Ruko dua lantai ini didominasi warna merah dan putih, begitu masuk kita langsung disuguhi dapur peracikan setiap pesanan. Biasanya, kan, di tempat lain peracikan di dalam, tapi ini di depan. Tempatnya cukup nyaman untuk nongkrong, berbincang dengan teman atau keluarga.

Bakso bom Mas Erwin ini mengusung tagline “10 kg daging dan 1 kg tepung”. WOW! Jangan dibayangin, tapi cobain sendiri, deh. Hari itu saya naik ke lantai dua, memilih duduk di atas sambil melihat lalu-lalang kendaraan. Di sini bukan warung bakso biasa yang hanya bola-bola daging dan berisi daging atau telur. Bakso bom ini lebih bervariasi, berikut daftar menu dan harga di Bakso Bom Mas Erwin.

MENU BAKSO
  • Bom beranak – Rp 30.000
  • Bom iga – Rp 35.000
  • Bom pedas – Rp 22.000
  • Bom urat – Rp 22.000
  • Bom keju – Rp 22.000
  • Bom granat – Rp 18.000
  • Mie ayam / yamin – Rp 18.000
  • Mie ayam / yamin granat – Rp 22.000
  • Mie ayam / yamin ceker – Rp 22.000

MINUMAN
  • Es jeruk – Rp 7.000
  • Es teh manis – Rp 4.000
  • Es teh tawar – Rp 3.000
  • Soft drink – Rp 7.000
  • Teh botol / S-tee – Rp 5.000
  • Air mineral – Rp 4.000

Tadinya saya mau pesan mie ayam, sayangnya belum tersedia di gerai cabang Ciputat ini, semoga ketika ke sana lagi sudah tersedia menu tersebut. Akhirnya pilihan saya jatuh pada Bom urat, iya, bakso urat, hmmm, saya enggak sabar menunggu bakso dihidangkan. Oh ya, bakso di sini dijamin kesehatannya, bebas borax dan formalin, tanpa pengawet, pemutih, dan tidak menggunakan vetsin. Jadi, kalau mau pakai vetsin tinggal bilang aja pas pesan. Unik juga, nih, di dinding ada frame dengan tulisan “Ibu hamil makan gratis di sini selamanya” seperti gambar di bawah ini.


Guys, kalau beli bakso penting banget untuk kita tahu kalau baksonya enggak dicampurkan bahan berbahaya seperti borax dan formalin. Kalau bahan tersebut dikonsumsi, maka akan menyebabkan hal berikut:
  • Mulut, tenggorokan, dan perut terasa terbakar.
  • Sakit saat menelan.
  • Mual dan muntah.
  • Diare.
  • Sakit kepala.
  • Memicu munculnya kanker.

Ngeri, kan? kalau Bakso Bom Mas Erwin ini dijamin kesehatannya dari mulai bahan baku yang digunakan. Sekitar lima menit pesanan saya datang, dengan wadah mangkuk unik lebih tinggi di satu sisi ini membuat saya lebih fokus pada mangkuknya bukan baksonya. Hmmm. Satu porsi bakso bom urat berisi tiga bola daging ukuran kecil dan satu bakso ukuran besar, ditemani mie, sawi dan teman-teman pelengkapnya. Tingkat kekenyalannya pas, tidak terlalu empuk dan tidak keras, kuahnya juga segar. Untuk yang pengin cobain Bakso Bom Mas Erwin, tapi enggak bisa ke lokasi atau males ke lokasi, bisa order pakai Go-Food, lho. Asik, kan? 

Bakso bom Urat

Satu lagi, nih, Bakso Bom Mas Erwin enggak cuma ada di Ciputat, ada cabang yang lain juga.
  • Bakso bom Ciputat – Tangsel CP. Dedep 0811 1009 707
  • Bakso bom Kodau Raya, Jati Kramat – Bekasi 
  • Bakso bom Tebet, Jl. Tebet Barat Dalam Raya – Jaksel (021) 2298 3391
  • Bakso bom Ciledug, Jl. Pemuda Cipadu – Tangsel CP. Yusuf 0811 9621 355
  • Bakso bom Cibeber – Cilegon CP. Hananto 0898 9621 645
  • Bakso bom Penggambiran – Rawamangun CP. Andri 0811 7521 883
  • Bakso bom Block Booster – Cibubur
  • Bakso bom Kantor Pusat Pertamina – Gambir CP. Imron 0811 734 666
  • Bakso bom Galaxy – Bekasi CP. Edi 0859 2502 2200
  • Bakso bom Raya Pengasinan Rawa Lumbu – Bekasi CP. Selena 0812 8033 2368
  • Bakso bom Citra Indah – Jonggol CP. Jaja 0816 4617 570
  • Bakso bom Pndok Ungu Permai – Bekasi CP. Iwan 0812 9331 2374
  • Bakso bom Blok M – Blok M CP. Edi 0859 2502 2200
  • Bakso bom ASA Foodcourt – Depok CP. Edi 0859 2502 2200

Bakso bom Beranak

Bakso bom Keju

So, tunggu apa lagi? Masih enggak mau makan bakso bom yang ngebom gini? Cek-cek, yuk, ke media sosialnya.

Instagram: @baksobom
Twitter: @baksobom
Website: www.baksobom.com

Dok. Agung Han

Jam operasional:
Senin – Kamis: 10:00 WIB s/d 20:00 WIB
Jumat: 13:00 WIB s/d 22:00 WIB
Weekend: 10:00 WIB s/d 22:00 WIB

Komentar

  1. Kenyal pas bakso nya. Mantap

    BalasHapus
  2. Patut dicoba nih tapi koq porsinya kelihatan minimalis yak? Tp kalo rasanya enak sih gpp

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang doyan kulineran bisa banget coba, nih.

      Hapus
  3. Cabangnya banyaaak ya.. Oalah... Btw aku kalo bakso ska yang urat... Dan itu kenapa harganua mahal... Selalu kaget kalo dari Situbondo ke Jakarta dan makan di sana... Haha makan jadi dua-tiga kali lipat...

    Balik ke Situbondo juga suka kaget. Seporsi bubur harganya cuma Rp4.000. Kata orang2 di sini udah mahal. Ahahaha...

    Kebayang kemarrn ada acara pentas seni yang harga tiketnya 15rb. Menurut orang2 di sini udah mahal.. Anjirrr... Padahal buat biaya dekor dll itu gak murah..

    *jadi curhat di sini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke aku catat. Jadi bahsn selnjutnya.

      Hapus
  4. enak ya bisa cobain bakso ini mau pagi, siang, malem, enak!

    BalasHapus
  5. aku ngeri makan bakso beranak, kalau gak dikasih nama itu baru deh mau makan

    BalasHapus
  6. kamu pesan setengah ya?ko ga sebanyak yg beredar di iklan-iklan facebook :O

    BalasHapus
  7. di blok m ada?
    cihuuiiiiii, jadi pengen ngerasain, terutama yang bom iga
    mantep nih mbak, baca artikel ini bikin pagi2 jadi laper :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pagi-pagi baksonya belum matang. 😂

      Hapus
  8. maknyoosssss bikin ngiler deh. jadi pengen buru-buru cus kesana. tapi enggak enak kalo sendirian. #galau

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ajak temen satu kelas, Dam, biar rame. Hahaha

      Hapus
  9. 10 kg daging 1 kilo tepung, ckckckck keyeennnn nih berani beda dari abang bakso yang lain. Udah gitu ibu hamil makan gratis coba, *jadi pengen ehhh. Btw sempat tanya gak kenapa warnanya cenderung ,erah putih wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biar Indonesia banget keknya. Hihihi

      Hapus

Posting Komentar

Terima kasih jika anda berkenan meninggalkan komentar. Akan saya komen balik di blog Anda. Salam. :)