Bahagia itu Bisa Berbagi


Panti Asuhan Yayasan Amal Wanita, papan nama yang terpampang jelas di depan gang bertuliskan Jl. Dukuh. Gang yang berada di sebelah Superindo Ciputat ini dicari-cari oleh kami, ya, para blogger kece Indonesian Social Blogpreneur dan Blogger Crony. Aaakkk. Di puasa ke-17 ramadan ini kami berbuka puasa dan berbagi kebahagiaan dengan para penghuni panti. Mayoritas adalah perempuan, mereka berjumlah 35 anak, paling kecil berusia 6 (enam) tahun dan paling besar usia siswa SMK. Yayasan yang dipimpin oleh Ibu Upik ini juga memiliki program jangka pendek dan jangka panjang dalam mengasuh serta memelihara anak-anak asuhnya.

Program Jangka Pendek:

1. Bidang organisasi:
  • Melakukan pembinaan organisasi serta melengkapi prasarananya.
  • Meningkatkan kinerja kepengurusan.
  • Menyelenggarakan peringatan hari-hari besar Islam dan Nasional.


2. Bidang pendidikan:
  • Diberikan beasiswa secara utuh, peralatan sekolah, dari SD sampai perguruan tinggi dan diberikan uang saku serta transport.
  • Diberikan pelajaran tambahan, les bahasa (Arab-Inggris), matematika, keterampilan menjahit, berkebun, beternak, kursus mengetik dan computer untuk menunjang proses belajar mengajar.


3. Pembinaan mental:
  • Diberikan pengajian dan pendidikan agama setiap hari.
  • Mengadakan ceramah umum.
  • Mengadakan latihan berpidato dan praktik beribadah.


4. Pembinaan fisik:
  • Disediakan berbagai macam peralatan olah raga.
  • Mengadakan pertandingan olah raga, sesama anak panti maupun di luar.


Program Jangka Panjang:

1. Sumber dana
Mengadakan usaha-usaha sebagai pennunjang dana yayasan dan panti, agar anak asuh dapat menjalankan kegiatan pendidikan dengan baik.

2. Pembangunan fisik
Menambah bangunan untuk panti, memperbaiki sarana dan prasarana yang tak layak atau rusak.

Kalau ditanya kenapa pilih panti tersebut? Karena sejak tahun 1975 ada beberapa ruangan yang belum direnovasi, dan sudah hampir rubuh. Kami belum bisa untuk memberi bantuan yang besar, tapi setidaknya kami bisa berbagi kebahagiaan bersama mereka. Teman-teman blogger berhasil menggalang dana sebesar Rp 10.075.000, semoga bisa sedikit membantu dan berkah. Ketika di sana, saya merasakan atmosfer yang hangat, kekeluargaannya begitu terasa. Saya yakin, Ibu Upik dan para pengurus panti yang lain mendidik akhlak mereka dengan baik dan penuh kasih sayang, terlihat dari sikap adik-adik yang sopan pada para tamu dan mereka akur dengan saudaranya di panti. 

Sambutan dari Teh Ani (ISB) dan Mbak Wawa (BCC)

Penyerahan donasi yang terkumpul dari blogger se-Jabodetabek.

Acara diawali dengan Chef Asykur yang mengajari anak-anak panti membuat cokelat praline kurma. Dengan sabar anak-anak diajarin satu-satu, mereka juga dibiarkan untuk membantu memisahkan kurma dari bijinya, melelehkan cokelat hijau dan kuning, juga saling membantu temannya yang agak kesulitan melakukannya. Senangnya melihat mereka yang antusias menghias kurma yang sebelumnya diisi dengan selai kacang.

Bagian blur membuktikan antusiasnya mereka.

Bahan dasar, praktik, dan selesai.

Ibu panti juga enggak mau kalah, ikutan bikin.


Berlanjut dengan sesi materi dari Mbak Zata yang menerangkan sedikit tentang menulis di blog. Diharapkan adik-adik di panti mau untuk mulai menulis, minimal mereka menulis dulu di buku. Sesi Bunda Wylvera yang seorang penulis juga seru banget, adik-adik terliht bersemangat saat dilatih membuat cerita pendek. Bukan tentang bagusnya isi, tapi keberanian mereka membuat cerita di depan teman-temannya.

(ki-ka): Mbak Zata dan Bunda Wylvera

Adik-adik di panti menyimak materi yang diberikan

Adik-adik yang dapat hadiah buku dari Bunda Wylvera

Hingga waktu berbuka puasa, Om Agung memberi sedikit Tausiyah dan berbagi boneka untuk adik-adik yang bisa jawab pertanyaan. Seru banget, deh, selesainya kami membagikan takjil berupa kurma dari Gerai Humaira, brownies dari Dapur Ukhti, dan segelas kacang hijau dingin dari Gula Jawa yang semakin membahagiakan tenggorokan setelah berpuasa seharian. Hihihi. Kami juga berbuka dengan nasi bakar dari rolas lunch box.

Om Agung Tausiyah dadakan

Sebagian dari yang mendapat hadiah

Makanan berbuka dari para donatur

Setelah menunaikan solat Maghrib, ada kejutan buat adik-adik panti. Kehadiran Windy Ghemary sore itu seru banget, dan cukup mengharukan. Ya, Windy Ghemary, jebolan Indonesian Idol yang ramah ini mau ikut menyambangi panti dan berbagi rezeki dengan adik-adik di sana. Oh, ya, mereka tinggal di panti namun semangat berkaryanya luar biasa. Dibuktikan dengan kemampuan marawis sebagian anak dan mengiringi Windy Ghemary bernyanyi dengan akustik.  Di sela-sela acara Windy berbagi kisah, ia pernah merasakan berada di bawah, hidup susah bersama ibu dan kedua kakanya. Kisah yang mungkin enggak banyak orang tahu dari seorang Windy, cukup untuk meluluhlantakkan perasaan dan mendorong kelenjar air mata untuk berproduksi.

Windy Ghemary

Jadi, Jangan Pernah Menilai Seseorang dari Penampilannya, Kita Hanya Tahu diri Kita Sendiri.

Untuk teman-teman yang kiranya bersedia membagi sedikit rezekinya untuk mereka, bisa langsung datang ke lokasi, ya. 


#rolaslunchboxbukberpanti
#bukberISBxBCC
#bukberblogger
#bloggercareISBxBCC
#bloggercare

Komentar

  1. Alhamdulillah, indahnya hidup bila masih bisa berbagi, ya mbak :)
    Semoga ISB dan BCC tetap menginspirasi

    BalasHapus
  2. seneng banget bisa terlibat di acara kemarin itu ya mba, semoga tiap tahun bisa ikutan..

    BalasHapus
  3. kemarin gak bisa ikut, karena kudu nemenin ibuku rontgen, berbagi seperti itu bikin level bahagia nambah apalagi acaranya padat ya, adik2 panti asuhan pasti terkesan dengan kehadiran kakak2 blogger

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, semoga ibunya sehat-sehat ya mbak. Iya acaranya seru, bikin bahagia juga.

      Hapus
  4. seru acaranya apalagi berbagi langsung kesana semoga kegiatan positif ini terus continue y mba ga hanya pada moment tertentu saja dan makin banyak donatur yg rela sisihkan rezekinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, semoga next donatur semakin banyak.

      Hapus

Posting Komentar

Terima kasih jika anda berkenan meninggalkan komentar. Akan saya komen balik di blog Anda. Salam. :)