Kenalan Sama Aplikasi Android Home Credit


Beberapa waktu lalu di Kempinski Grand Ballroom tepatnya tanggal 9 Agustus 2017 saya hadir di acara launching sebuah aplikasi keuangan. Dalam jalannya acara saya nge-tweet dengan tagar #LIVEDIGITAL, terus besoknya ada seorang kawan yang menghubungi saya di whatsapp kira-kira begini percakapannya,

Teman: “Wid, hestek #LIVEDIGITAL itu apaan?”

Saya: “Hestek launching aplikasi keuangan dari Home Credit.”

Teman: “Home Credit itu apa? Itu aplikasi buat apa?”

Saya: “Pembiayaan kredit gitu, itu aplikasi semacam biar kita enggak lupa jadwal bayar cicilan.”

Teman: “Hah?!? Ada, ya, orang lupa bayar cicilan?”

Saya: “Set, daaahhh, bukannya ada tapi banyak. Lupa tanggal berapa, lupa udah bayar atau belum, semacam itu lah biasanya.”

Teman: “Asli, Wid, gue baru tahu. Selama ini gue beli apa-apa yang pakai cicilan gitu enggak pernah lupa bayar, sih. Terus itu aplikasi buat gitu doang? Lu ngasih tahu sepotong-sepotong, dah, ngeselin lu permanen dari dulu.”

Saya: “Belagu lu belagu, enggak pernah lupa bayar tapi lupa kalo udah lunas. Dari pada gue murka, tungguin tulisan gue di blog.”

Kemudian obrolan berakhir.

Nah, Gaes, untuk menjawab temen rese di atas dan sekalian ngasih tahu ke teman-teman pembaca tentang #LIVEDIGITAL dan Home Credit, saya jabarin yang saya tahu di sini, ya.

Jadi, perusahaan yang 88,62% sahamnya dipegang PPF Financial Holdings B.V. ini merupakan perusahaan pembiayaan multiguna untuk konsumen yang mau beli produk semacam peralatan rumah tangga, peralatan elektronik, ponsel, dan furnitur. Berdiri sejak 1997 dan kini sudah beroperasi di 11 negara. Home Credit berfokus pada layanan pinjaman bagi masarakat yang enggak punya rekening bank dengan menyediakan pengetahuan mengenai pinjaman yang aman untuk pertama kalinya.

Menurut saya, sih, Home Credit ini sudah terpercaya, sejak berdirinya di Indonesia tahun 2013 sampai pertengahan 2017 ini tercatat 1,1 juta pelanggan yang dilayani, titik penjualannya ada sekitar 7000. Para mitra Home Credit ini ternyata sering kali kita temukan kalau lagi bepergian, coba, deh, siapa yang enggak pernah ketemu Erafone, Electronic Solution, Home Solution, Informa, Electronic City, IKEA, Oke Shop, Global Teleshop, Hypermart, Trans Hello, Lotte Mart, ACE Hardware, Gramedia, dan masih banyak lagi. Toko-toko yang saya sebutkan itu beberapa di antaranya pasti sering kita lihat atau bahkan kita termasuk pelanggan setia salah satunya.

Kemajuan teknologi ini membuat Home Credit untuk terus melakukan inovasi demi kenyamanan pelanggan maka dihadirkan aplikasi yang dapat membantu pelanggan dalam melakukan pembayaran cicilan. Jaroslav Gaisler, Chief Executive Officer PT Home Credit Indonesia menyampaikan bahwa, peluncuran aplikasi ini juga merupakan kelanjutan dari komitmen Home Credit untuk mendukung upaya pemerintah dalam mengembangkan inklusi keuangan dan inovasi teknologi finansial.

Aplikasi yang bisa di-download dari play store ini mempermudah pelanggan untuk mengakses informasi-informasi terbaru dari layanan Home Credit, seperti status pembayaran, lokasi penjualan terdekat, lokasi pembayaran, simulasi biaya, berbagai promosi, dan lain-lain. Perlu diketahui kalau Home Credit ini punya 3 (tiga) layanan, pertama yaitu pembiayaan toko artinya pembiayaan non-tunia langsung di tempat pembelian, seperti barang-barang elektronik. Kedua, pembiayaan multiguna yang biasanya digunakan untuk renovasi rumah, biaya pendidikan, acara special, dan masih banyak lagi. Ketiga, cicilan belanja online yaitu layanan pembiayaan bagi pelanggan yang ingin berbelanja di situs belanja online.


Hingga saat ini Home Credit sudah ada di 48 kota di Indonesia, tahun 2018 rencananya sudah mencakup seluruh Indonesia. Prestasinya ini membuat Home Credit menjadi perusahaan pembiayaan nomor 1 di Indonesia dalam kategori Consumer durables karena menyediakan formulir aplikasi online dan proses persetujuan yang hanya sekitar 30 menit. Kemudahan-kemudahan ini membuat Home Credit sudah membiayai lebih dari Rp 2,1 triliyun di semester pertama 2017. Saya enggak kaget ketika sebanyak 76% pembiayaan tersebut kontribusi dari gawai/ponsel.

Oke, demikian yang bisa saya jabarkan tentang Home Credit dan aplikasi android-nya. Untuk lebih jelas lagi teman-teman bisa menjelajah ke website dan akun-akun berikut: 

Website: www.homecredit.co.id
Facebook: Home Credit Indonesia
LinkedIn: Home Credit Indonesia
Instagram: @homecreditid
Twitter: @HomeCreditID_


Komentar

  1. Baru tahu aku mbak kalo ada aplikasinya hehehe thanks for sharing

    BalasHapus
  2. semakin inovasi memberikan pelayanan terbaik buat customernya y mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, bener, mereka ikutin perkembangan teknologi.

      Hapus
  3. nanti tak coba pake nih aplikasi dari HCI.

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih jika anda berkenan meninggalkan komentar. Akan saya komen balik di blog Anda. Salam. :)