CNI Expo 2017: Entrepreneur dan Dunia Digital

Dok. IG CNI

Gaes, aku pernah bahas tentang Citra Nusa Insan (CNI), kan, tahun ini CNI ulang tahun ke-31 dan di ulang tahunnya ini digelar CNI Expo lokasinya di kantor pusat CNI, tepatnya di Puri Kembangan Jakarta Barat. Lokasi outdoor atau bagian depan, diisi booth-booth makanan, dan tepat di depan pintu masuk gedung ada panggung musik CNI Expo. Masuk ke dalam, ada booth-booth pakaian, aksesoris, kecantikan, kesehatan, dan masih ada lagi lainnya. Di booth kecantikan tepatnya produk CNI dengan merek IRES membuat beauty class, ketika saya mendekati booth, terlihat para wanita dewasa dengan antusias mengikuti sesi tersebut. Begitu pula di booth kesehatan, terlihat antrian para pengunjung yang ingin konsultasi dan juga periksa kesehatan.

Beauty class IRES

Booth kesehatan

Kemarin, 18 Oktober 2017 saya ke sana untuk menghadiri sesi seminar & talkshow. Pukul 11.00 WIB ada sesi workshop food photography bareng pemilik akun instagram @HappyBoringLife. Dalam sesi yang hanya beberapa menit itu, Mr. Zhouw (Cow) menyampaikan bahwa untuk yang memilliki bisnis dan menyediakan layanan online, harus memperhatikan foto-foto yang diposting. Jangan asal jepret, jangan asal kelihatan nama produknya. Untuk foto, yang paling penting adalah cahaya, pengaturan cahaya sangat berpengaruh pada hasil foto kita. Pencahayaan yang maksimal akan membuat produk yang kita foto menjadi lebih menarik dibanding asal-asalan. Jika ingin mengambil foto produk baiknya posisi produk sejajar mata, jadi di kamera akan terlihat hidup, terlihat lebih bagus tampilannya.

Hasil belajar food photography

IDEApreneur bertema “Jadi Entrepreneur Hebat dengan Manfaatkan Dunia Digital” dimulai tepat pukul 13.00 WIB di aula gedung CNI. Marselinus Ferdinand, MM, MBA, CIMP sebagai moderator di seminar dan talkshow ini. Akan ada tiga pembicara kali ini, siapa saja? Yuk, lanjut baca.

Marselinus Ferdinand, MM., MBA., CIMP.

Ryan Batchin Indra sebagai seorang praktisi Google menjadi pembicara pertama dalam seminar & talkshow kali ini. Ryan berbicara tentang digital, semua tentang digital. Welcome to digital! Apa sih digital itu? Digital adalah sesuatu yang berhubungan dengan angka, penomoran dengan perhitungan tertentu. Bagi dunia bisnis, peran dunia digital saat ini penting banget buat kemajuan dan perkembangannya. Dengan adanya dunia digital, kegiatan bisnis menjadi lebih efisien, contohnya digital marketing.

Ryan Batchin Indra

Kenapa, sih, kok, kayanya penting banget? Perlu kita tahu bahwa, lebih dari 70% orang yang melihat iklan offline akan melakukan pencarian lanjutan di internet. Lebih dari 60% orang yang melihat iklan di televisi akan melakukan pencarian lanjutan di internet. Kalau kita lihat lagi, orang terkaya di dunia berasal dari dunia teknologi, seperti Bill Gates dan Mark Zuckerberg, semacam suatu kebetulan, ya.

Dari berbagai platform digital, saat ini YouTube menjadi aplikasi yang paling banyak dikunjungi, kemudian disusul oleh FaceBook, kemudian Instagram, lalu Twitter. Dari 100% pengguna internet, 40%-nya menggunakan internet untuk blogging. Di sana berbagai macam informasi bisa kita temukan, seperti ucapan “dunia di ujung jarimu”. Dulu, untuk mencari nomor telepon pakai yellow pages, sekarang tinggal ketik saja di Google.

Jadi, digital itu penting banget, terutama digital marketing. Dengan digital marketing, jangkauan bisnis kita bakal semakin luas, yang tadinya hanya teman dan kerabat dekat yang tahu, dengan digital bisnis kita bisa diketahui oleh dunia, karena jangkauan internet hingga mancanegara. Dengan digital marketing juga, kita bisa tepat sasaran pada target konsumen. Seperti iklan rokok di televisi. Kenapa iklan rokok? Lihat, deh, iklannya jam 10 malam, mayoritas anak-anak sudah tidur, jadi yang melihat iklan di waktu tersebut biasanya orang dewasa atau orang tua.

Keuntungan menggunakan digital marketing pada bisnis adalah dapat menghemat biaya dan mendapatkan pengaruh yang tinggi. Begini, jualan itu enggak harus punya toko dengan menyewa tempat, website bisa menjadi toko kita, seperti yang sekarang sedang booming, yup, online shop. Gimana caranya mendatangkan pelanggan ke toko online kita?

Banyak banget cara untuk mendatangkan konsumen dan pelanggan ke toko kita. Caranya bisa lewat video-video YouTube, katalog di FaceBook, foto-foto di Instagram, artikel-artikel terkait produk di Fanpage, dan masih banyak lagi. Digital marketing itu mengarahkan pengguna internet untuk datang dan beli di toko kita melalui channel-channel tersebut.

Untuk artikel-artikel biasanya memanfaatkan SEO. SEO (Search Engine Optimization) juga bisa jadi alat untuk datangkan pelanggan karena artikel kita akan berada di urutan teratas dalam mesin pencarian. Selain SEO, ada juga SEM (Search Engine Marketing). SEM ini adalah iklan di Google, misalnya kita mencari suatu merek, maka biasanya pada baris pertama tampilan Google ada link yang terdapat tulisan “Iklan Google” atau “Google Ads”.

BTW, Gaes, kenapa search engine yang sering disebut dan digunakan adalah Google? Kenapa enggak mozila firefox, bing, atau yahoo? Karena, 80% pengguna internet di dunia dan 92.64% pengguna internet di Indonesia menggunakan Google sebagai search engine. Jadi, sudah bisa dipastikan bahwa Google memegang pangsa pasar yang sangat besar.

Dengan Google, bisnis kita bisa lebih tepat sasaran, iklan Google akan menuju pada orang-orang yang dirasa membutuhkan produk kita atau sejenis. Seperti, misalnya kita habis mencari jaket di sebuah website, nanti ketika kita membuka facebook akan muncul iklan terkait website yang baru saja kita telusuri. Untuk pembuatan katalog promosi, kita bisa, lho, buat di FanPage atau Instagram. Cantumkan nama produk, harga, promosi, dan kontak yang bisa dihubungi.

Katalog di FanPage ini merujuk pada konsumen generasi X, kalau target adalah generasi milenial, maka lebih tepat katalog dibuat di Instagram. Walau demikian, tetap saja ada aturan mainnya, jangan mentang-mentang di sosial media lalu bisa iklan seenaknya, semaunya posting kapan pun. Penting, nih, posting artikel atau foto di sosmed cukup maksimal 2 (dua) dalam sehari, jangan terus-terusan setiap satu atau dua jam, nanti follower akun bisnis kita bisa pada kabur.

Seperti Bapak Ahmad Jazuli, SE. Pembicara kedua yang merupakan seorang Business Entrepreneur yang memulai bisnisnya bersama CNI sejak masih menjamurnya BBM, ya, aplikasi chatting yang banyak digunakan online shop. BTW, kenap, sih, Pak Ahmad gabung dengan CNI? Beliau menjawab begini, “CNI adalah suatu peluang besar yang menjanjikan”. Nah, kalau sudah melihat peluang seperti itu, berarti kita sudah punya semangat, kan. Sudah lebih dari 5 (lima) tahun beliau bergabung dengan CNI, lho, betul sejak zamannya BBM.

Bapak Ahmad Jazuli, SE.

Pak Ahmad yang sudah di level pearl ini semakin dipermudah dengan CNI yang merambah dunia digital dengan menghadirkan GeraiCNI.com, hal itu membuat lebih mudah, praktis, dan efisien menurut beliau. Seminar & Talkshow ini juga dihadiri Windy Ghemary Finalis Indonesian Idol 2014, bukan sebagai bintang tamu, tapi Windy juga berbagi tentang bisnis. Saya baru tahu kalau ternyata Windy punya bisnis dalam bidang jasa, tepatnya travelling, oh, ya, katanya merambah juga ke bidang kuliner.

Windy Ghemary sedang membawakan single terbarunya.

Windy Ghemary juga memanfaatkan dunia digital tepatnya media sosial sebagai alat untuk digital marketing bisnisnya. So, Gaes, enggak bisa dipungkiri lagi, kan, nyatanya kemajuan teknologi sangat berpengaruh pada hidup kita. Peran penting teknologi dalam perekonomian sudah seperti alat pernapasan, walau masih banyak juga yang masih menggunakan sistem penjualan tradisional. Menurut aku, sih, bebas saja mau pakai sistem yang mana, kan, kembali lagi kepada kebutuhan bisnis kita. Hanya satu yang pasti, bisnis dan kreatifitas tidak bisa dipisahkan. Yuk, manfaatkan teknologi untuk jadi hebat.


Komentar

  1. Acara yang full inspirasi. Semoga tahun depan berkesempatan hadir lagi di acara2 ini.

    BalasHapus
  2. aiiih foto terakhir ini yang bikin...
    asik ya pas kamu datang ada food photography workshop jadi sekalian buat belajar moto

    BalasHapus
    Balasan
    1. Foto terakhir bikin pengen cepet komen ya mbak. Hahahaha.
      Iya pas ada workshop itu, lumayan dapat ilmu tambahan.

      Hapus
  3. Informatif banget. Sangat sangat bermanfaatnya. Semoga langsung diaplikasikan ya buat banyak orang. Teknologi bukan momok apalagi sebuat ketakutan yg harus dihindari. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih, iya banget, kita harus adaptasi dengan perkembangan teknologi.

      Hapus

Posting Komentar

Terima kasih jika anda berkenan meninggalkan komentar. Akan saya komen balik di blog Anda. Salam. :)