9 Tahun Aston dan Persembahannya

Kalau bicara Jakarta Utara yang ada di benak saya adalah, laut, panas, dan wisata. Misal aku naik kereta atau Transjakarta yang sudah pasti ber-AC lalu turun di stasiun atau halte yang  berada di sekitar Jakarta Utara, pas baru turun langsung terasa hawa panasnya. Tapi, bukan berarti aku enggak mau banget ke wilayah sana. Soalnya tempat wisata seperti Ancol cukup sering aku datangi. Teriknya matahari, cukup terbalas dengan angin kencang di sepanjang pantai Ancol.

Pernah juga aku bolak-balik ke salah satu mall yang ada di sana, lalu untuk bertemu teman-teman atau juga sekadar jalan ke daerah Jakarta utara. Di sana banyak gedung-gedung tinggi, aku enggak terlalu memperhatikan gedung apa saja, yang pasti di antaranya ada mall dan hotel, selebihnya aku beneran enggak menegaskan itu bangunan apa.

Nah, ngomongin hotel, salah satunya yang terkenal atau sering aku dengar itu ASTON MARINA JAKARTA. Lokasinya dekat dengan stasiun kereta Kampung Bandan, dekat halte Transjakarta Ancol dan Pademangan. Gedung tinggi di Jalan Lodan Raya No. 2A, Jakarta itu merupakan gabungan hotel, apartemen, dan resto. Aston terdiri lebih dari 30 lantai, telah beroperasi sejak 2008, yup, tanggal 10 November kemarin aku hadir di acara pembuka ulang tahun Aston yang ke-9. Tepatnya, sih, ulang tahun Aston ini tanggal 30 Oktober. Aston Marina berada di bawah naungan Archipelago Internasional dan mengusung desain minimalis modern dengan nuansa warna kayu.

Suasana di dalam hotel cukup nyaman, walau lorong-lorongnya sepi tapi enggak bikin takut kalau jalan sendirian, yang ada nyasar karena banyak persimpangan. Hahaha.
Oh, ya, Aston Marina ini punya 15 ruang pertemuan, total kamarnya ada 356, dan aku berdoa biar bisa cobain menginap di Aston Marina Ancol. Hihihi.

Di ulang tahunnya yang ke-9 ini berlangsung selama 3 (tiga) hari, aku datang di hari pertama, di lobby langsung disuguhkan beberapa stand bazaar, lalu ada sekumpulan ibu-ibu yang lagi membatik tradisional, yup, pakai malam dan canting. Acara yang dimulai pukul 16:30 WIB itu dimulai dengan sapaan dari 2 (dua) MC yang ganteng dan cantik. Lalu, sesi pemotongan tumpeng oleh Bapak Ahmad Noer perwakilan Aston, enggak cuma beliau tapi juga ada 4 perwakilan yang diundang termasuk lurah dan camat di mana hotel Aston berdiri, juga dari kepolisian.

MC

Bapak Ahmad Noer memotong tumpeng nasi kuning

Ibu-ibu membuat batik tulis

Oh, ya, acaranya, kan, 3 (tiga) hari, jadi hari pertama itu beneran pembukaan doang, potong tumpeng nasi kuning dan fashion show berbagai busana batik asli Indonesia karya Ethys Mayoshi. Batiknya bagus-bagus, lalu aku jadi pengin. Hahaha. nah, iya, di hari ke-2 dan ke-3 ada lomba masak bareng Kokita dan Forvita membuat sate lilit sama Chicken Bomb Bali. Bazaar diisi oleh UKM-UKM asuhan Inacraft yang merupakan produk-produk lokal unggulan. Juga ada sesi workshop beauty class dari Martha Tilaar, Puspita Martha, dan Aubeau. Peserta workshop dan lomba boleh siapa saja, baik tamu, pengunjung, maupun staff hotel. Mengikuti zaman, rangkaian acara juga memasukan Coffee Clinic oleh Javabika, dimana Aston menghadirkan ahli kopi dari Javabika untuk membedah dan memberikan pemahaman-pemahaman terkait kopi. Saat itu juga Aston memberikan diskon 20% bagi para pecinta kopi untuk membeli kopi di sana sepanjang satu hari penuh.

Bapak Ahmad Noer dan Ibu Ethys Mayoshi (tengah), bersama para model busana batik

Bazaar-bazaar digelar di area parkir, jam buka dari pagi sampai jam 5 sore, menjelang maghrib ya udah beres-beres barang, dan tersisa meja-meja untuk dipakai selama 3 hari. Aku enggak sempat keliling bazaar karena aku pikir masih buka sampai malam, enggak tahunya cuma sampai sore. Huhuhu.

Jadi, teman-teman kalau mau penginapan di Jakarta Utara yang dekat dengan tempat wisata dan belanja, bisa coba ke Aston Marina Hotel. Cocok buat yang Indonesia banget, aura Aston itu Indonesia banget yang aku rasain, sih, ya. Eh, iya, cocok sama tema bazaar kemarin, “I Love Local Product”.