#AdayangBaru dan Kamu Harus Tahu

Sebagai makhluk sosial, kita pasti sering dengar berbagai macam informasi dan berita setiap harinya, bukan setiap hari lagi, tapi setiap saat sepertinya ada saja berita-berita terbaru, baik dari sekitar atau nasional, bahkan mancanegara. Zaman dahulu kita lihat berita dan informasi dari Koran, majalah, tabloid, dan berbagai media cetak. Media elektronik seperti televisi dan radio juga menjadi sumber informasi dan berita. Di waktu-waktu tertentu kita bisa dapatkan informasi dari media cetak dan elektronik tersebut, biasanya pagi, sore, dan malam.

Seiring perkembangan teknologi dan gawai di masyarakat sekarang ini, informasi menjadi semakin cepat, manusia seperti ingin selalu menjadi orang pertama yang tahu tentang hal-hal terbaru. Tantangan buat media cetak dan elektronik, karena jika menunggu di media cetak akan ketinggalan, ya, ibaratnya beritanya sudah basi. Seperti yang kita tahu, menjamurnya penggunaan internet ini dimanfaatkan oleh banyak instansi atau lembaga yang bergerak di bidang komunikasi dan informasi untuk bisa mengikuti permintaan pasar. Saat ini setiap orang mendapatkan dan mencari informasi dari dunia digital, berita terbaru enggak membutuhkan waktu lama untuk menjadi viral, dan informasi apapun yang dibutuhkan saat itu bisa langsung dicari melalui internet.

Seperti halnya detikcom yang menyediakan layanan informasi dan berita terkini melalui aplikasi android dan ios. Sejak 1998 detikcom sudah menjadi situs web berita, aku sendiri pakai aplikasinya baru di tahun 2014 kalau enggak salah. Nah, berawal dari berita politik, ekonomi, dan teknologi informasi, kini detikcom sudah menjangkau lebih luas. Saat ini aplikasi detikcom sudah versi 5.0.1 dengan tampilan yang baru banget menurutku. Dan, #AdayangBaru di aplikasi last version ini, sedikit banyak akan aku jelasin ada apa saja yang baru, dan yang aku sering kunjungin atau gunakan.


Satu – HOME
Di fitur ini tersedia berita terbaru dari dalam dan luar negeri, berita terbaru dan isu-isu yang sedang memanas. Selain itu ada sub fitur khusus hal-hal yang sedang hangat jadi perbincangan, saat ini diduduki oleh hestek #NovantoDitahan, ya, beberapa hari terakhir ini di semua media sosial sedang membicarakan Ketua DPR tersebut. Kemudian ada berita utama, berita popular, lalu 15 berita dengan komentar terbanyak, dan enggak ketinggalan tentang lifestyle.

Laman Home

Dua – Kategori
Dalam fitur yang satu ini seperti biasanya ada detikNews, detikFood, detik Travel, sampai Wolipop, yang terbaru adalah HaiBunda, berisi tentang parenting yang berhubungan dengan Ibu. Di setiap sub fitur tersebut ada lagi bagian-bagiannya, jadi kita bisa mencari berita dan innformasi secara lebih mendalam, seperti di detikHealth, tersedia Berita Sehat, Seks Sehat, Diet, hingga Konsultasi.

Laman Kategori

Sub laman HaiBunda

Enggak cuma berita tentang Jakarta dan luar negeri saja, tapi ada fitur Berita Daerah, ada 10 daerah mulai dari Bali hingga Sumatera Utara. Buat yang suka nonton bioskop, ddi aplikasi detikcom juga bisa cek jadwal film yang diputar di bioskop, ada 83 bioskop di Indonesia yang bisa dicek lewat aplikasi detikcom. Walau sudah ada channel sepakbola, di aplikasi ini ada lagi Info Sepakbola, tersedia jadwal-jadwal pertandingan dan hasil akhirnya. Untuk para pecinta sepakbola, bermanfaat banget fitur yang satu itu. Satu lagi, sekarang lagi banyak banget, ya, tiket promo pesawat ke luar negeri, buat yang mau jalan-jalan mungkin ke Inggris, bisa cek kurs di aplikasi detikcom juga, ada dua bank, Mandiri dan Mega. Jadi, bisa diperkirakan, nih, kalian mau tukar berapa banyak.

Laman Berita Daerah

Laman Info Bioskop

Laman Info Sepakbola

Laman Info Kurs
Tiga – VIDEO
Fitur yang satu ini khusus memberikan informasi berupa video dengan durasi 20 detik, untuk yang malas membaca, bisa dapatkan informasi dan berita dari video singkat di sana. Tenang saja, walaupun berbentuk video, isinya tetap berita dan informasi terhangat, kok.

Laman Video 20 detik

Empat – PROFIL
Di bagian profil ini kita bisa melihat berita-berita yang sudah kita tandai atau bookmark. Pada bagian pengaturan betul-betul #AdayangBaru, di sana ada pengaturan mode siang dan malam. Kalau diperhatikan dari gambar-gambar di atas, latarnya gelap, itu karena aku aktifkan mode malam. Mode malam ini bisa diatur otomatis juga, lho, jadi enggak repot bolak-balik atur manual. Tapi, aku lebih suka mode malam, jadi cahaya yang masuk ke mata lebih sedikit dan enggak bikin pegal. Masih ada beberapa bagian lain yang bisa diatur.

Laman Pengaturan

Nah, itu tadi hal baru di aplikasi yang sudah diunduh 10 juta kali ini, Temans. Buat yang belum download, yuk, download, dan aktifin notifikasinya, biar selalu dapat informasi penting terbaru. Temans yang sudah download, jangan lupa di-update, menurutku pribadi aplikasi sekarang ini lebih jernih, ya, tampilannya. Oke, segitu saja, semoga tulisan ini menginspirasi, ya. Bye bye.

Komentar

  1. suka sama fitur video 20 detik. menarik bagaimana informasi bisa dipangkas lewat audio video, dan masih bisa dinikmati..

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih jika anda berkenan meninggalkan komentar. Akan saya komen balik di blog Anda. Salam. :)