Acara TV yang Aku Suka

Hari gini semua orang pegang ponsel, asik dengan dunia mayanya masing-masing atau pekerjaannya. Ketemu orang banyak, di mana-mana juga begitu, 80% orang nunduk fokus ke ponselnya. Kalau dulu naik angkutan umum pasti ngobrol sama penumpang lain, sekarang semua ngobrol juga tapi tanpa suara, yup, media sosial. 

Enggak cuma itu saja, peran ponsel hampir menggantikan televisi dan radio. Oke, lah kalau sedang di luar, tapi televisi dan radio di rumah juga lebih sering nganggur, atau kalau pun disetel, hanya untuk sekadar penghilang sepi, dan kita tetap fokus pada ponsel. Hihihi.

Ngomong-ngomong, di rumah juga hampir seperti itu, aku masih imbang ponsel dan televisi. Memang, sih, ponsel selalu aku pegang, tapi enggak selalu aku fokus ke ponsel. Ada kalanya televisi lebih menarik, contohnya saat melihat talkshow-talkshow keren di beberapa channel televisi. 

Dari sekian banyak talkshow dari dulu sampai sekarang, ada beberapa yang aku suka banget, selalu dilihat saat masih tayang, yup, karena beberapa sudah enggak ada lagi. Talkshow-talkshow yang aku suka itu Kick Andy yang tayang di Metro TV dengan pembawa acara Andy F. Noya, Hitam Putih yang tayang di Trans7 dibawakan oleh Deddy Corbuzier, Sarah Sechan di NET TV dibawakan oleh Sarah Sechan, Ini Talkshow di NET TV yang dibawakan Andre dan Sule, dan Ceriwis yang tayang di Trans TV tahun 2003-2010 dengan pembawa acara Indy Barends dan Indra Bekti.

Semuanya itu keren-keren banget, isinya imbang enggak ringan tapi enggak berat juga. Penyajiannya bagus banget. So, aku mau review, eh, bukan review, hmmm, menceritakan tentang talkshow Hitam Putih.

Talkshow yang menurut aku berbobot tapi penyajiannya ringan. Ini sudah lama banget, ya, dulu di awal-awal penayangan pembawa acaranya itu Ari Sihasale, tapi aku belum paham itu acara apa, sejujurnya enggak nonton juga. Dan, mulai nonton itu pas dibawain Deddy Corbuzier, lupa tahun berapa, yang pasti udah lama.

Enggak tahu kenapa tim kreatifnya juga keren, hampir selalu menghadirkan bintang tamu dan orang-orang hebat. Cara Om Deddy menyampaikan sesuatu itu mudah dipahami, dia cerdas banget, paham dan mengerti banyak hal. Kalau udah ketemu yang begini, aku klepek-klepek. Hahaha.

Pesona Om Deddy ini emang kuat banget, talkshow ini jadi terasa berbobot karena dia, mantan pesulap yang makin hari makin keren. Hahaha. Hitam Putih ini kelihatannya biasa banget, tapi bakal jadi candu kalau udah sekali nonton.

Talkshow Hitam Putih seperti namanya, dia mengangkat semua sisi. Positif dan negatif dalam kehidupan tapi dibungkus dan disajikan dengan apik. Jika mengangkat suatu permasalahan yang sedang hangat, maka Hitam Putih akan menghadirkan narasumber yang terpercaya, juga disertai bukti-bukti, seperti menghadirkan tenaga kesehatan atau pihak berwajib. Biar jelas, hitam atau putih, enggak abu-abu. 

Enggak jarang talkshow ini bikin aku nangis, atau terkagum-kagum sama nara sumbernya. Om Deddy itu pintar banget memainkan emosi penonton. Sepanjang acara itu enggak ada yang isinya sampah walaupun di selingi lawakan-lawakan.

Talkshow yang di akhir acara selalu memberikan quote ini  mengangkat sesuatu yang belum dan jarang kita ketahui, tujuannya agar lebih banyak orang tau tentang hal-hal kemanusiaan. Yup, aku lihat talkshow ini semacam memberikan pancingan yang membuat setiap orang bisa membuka mata dan hati. Membuat kita lebih banyak berpikir bahwa hal-hal keren, luar biasa, hingga mengharukan itu enggak melulu ditampilkan oleh media.

Sering kali Hitam Putih mengangkat kisah orang-orang yang membanggakan Indonesia, tapi semacam ada di balik layar, kita enggak tahu tentang sesuatu atau kiprah seseorang. Mengemas talkshow seperti ini memang enggak gampang, yang paling utama adalah bagaimana cara penyajiannya oleh pembawa acara. Ada beberapa talkshow yang isinya enggak banget, semacam sampah, enggak layak tonton menurut aku.

Buat yang suka talkshow di televisi, silakan mau nonton yang mana saja, kalau rekomendasi dari aku, sih, yang sudah disebutkan di atas, ya. Menurut aku, talkshow itu hiburan yang memberikan wawasan. 


Komentar

  1. Aku juga suka kihtl hitam putih mbak. Semakin kesini acaranya berbobot

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Mpo udah malas nonton hitam putih. Sejak adanya suatu peristiwa . Bawaan jadi kesel kalau nonton. Daripada kesel mendingan gak usah nonton aja, wong gambar goyang, gara gara antena.

    BalasHapus
  4. Akupun suka hitam putih..kick andy yg acaranya ga banyak neko2 tapi langsung kena di hati. Bisa jadi peringatan dan inspirasi juga dr setiap bintang tamu yg dihadirkan.

    BalasHapus
  5. Suka nonton Kick Andy, inspiratif dan edukatif. Banyak pelajaran yang dapat dipetik dari tontonan tersebut.

    BalasHapus
  6. Dulu juga suka banget mantengin acara ceriwis. Indra dan indy klop bgt memandu acara, klo ga salah ini acara yg membuat pamor Alm. Olga naik ya

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih jika anda berkenan meninggalkan komentar. Akan saya komen balik di blog Anda. Salam. :)