Mobil Bekas Atau Baru, Itu Pilihan


Buat orang memiliki kegiatan entah itu sekolah atau bekerja di sekitar Jabodetabek pasti sudah biasa dengan kemacetan, dengan padatnya
kendaraan di perjalanan yang biasanya cukup memakan waktu. Saya tinggal di Tangerang Selatan dan sering menghadiri acara di seputaran DKI Jakarta ini harus cermat menghitung waktu yang akan dihabiskan di perjalanan agar tidak terlambat sampai ke lokasi acara. Saya selalu menggunakan kereta, sudah jarang sekali menggunakan angkutan kendaran roda 4 atau lebih karena akan memakan waktu yang berkali lipat lebih lama.

Jadi, kalau dipikir-pikir kenapa bisa seperti itu? Karena, banyak mobil yang berlalu-lalang seolah semua tumpah hingga itu yang menimbulkan kemacetan. Semua ada positif dan negatifnya memang, jika membawa mobil pribadi kita nyaman saja dari cuaca terik maupun hujan. Tapi, ketika harus cepat-cepat ke suatu tempat lalu terkena jalur macet, kita enggak bisa gerak, deh. Saya enggak bilang kalau enggak usah memiliki mobil pribadi, tapi baiknya sesuaikan dengan kebutuhan. Apalagi kebutuhan dalam lingkup ekonomi, misal pekerjaan mengharuskan kita membawa mobil pribadi, atau ingin mencari uang dengan mobil yang kita miliki.

Berbicara tentang mobil pribadi, jika terpikir mencari uang dengan mobil pribadi tapi belum punya mobil, bisa, lho, kita beli mobil bekas, kan, yang kita butuhkan itu performanya bukan keluaran terbaru atau bukan. Tulisan saya kali ini semoga bisa membantu anda jika ingin membeli mobil bekas.

Mengusung tema “Mobil Bekas, Solusi Kebutuhan Anda”, Mobil123 yang merupakan Portal Otomotif No. 1 ini mengadakan talkshow dengan Mobil88 dan Autosafe yang mengelola penjualan mobil bekas. Acara kali ini dimoderatori oleh Bapak Indra Prabowo selaku Manging Director Mobil123, dengan pembicara Bapak Halomoan Fischer Lumbantoruan selaku Chief Operating Officer PT Serasi Mitra Mobil atau Mobil88, dan Bapak Hendrik Wiradjaja selaku Deputy Marketing Director Hyundai. Dihadiri juga oleh tamu spesial dari iCar Asia Mr. Hammish Stone selaku CEO iCar Asia, dan Mr. Joe Dische selaku Chief Finance Officer PT iCar Asia.

Bapak Indra Prabowo

ki-ka: Mr. Joe Dische, Bapak Hendrik Wiradjaja, Bapak Halomoan Fischer Lumbantoruan, dan Mr. Hammish Stone

Mobil88 berdiri sejak tahun 1988 di bawah naungan PT Arya Kharisma, dan sekarang menjadi perseroan dengan nama PT Serasi Mitra Mobil yang merupakan anak perusahaan PT Serasi Autoraya. Hingga saat ini Mobil88 memiliki 21 cabang di 9 kota seluruh Indonesia. Di DKI Jakarta dengan 10 cabang, 2 cabang di Bandung, 1 di Semarang, di Surabaya ada 3 cabang, kemudian di Medan, Palembang, Pekanbaru, Denpasar, dan Balikpapan.

Kembali membahas mobil bekas, Pak Halomoan menjelaskan, membeli mobil bekas itu resikonya lebih banyak dibanding mobil baru. Sebelum mengambil keputusan, harus cek baik-baik mobil yang akan diminati. Dalam membeli mbil bekas ada dua hal yang penting, selain membeli si tempat yang terpercaya, surat-surat dan kondisi fisik mobil itu sendiri adalah hal yang sangat penting. Satu hal, jangan membeli mobil yang bekas kebanjiran dan kecelakaan hingga merusak struktur mobil. Mobil yang terendam banjir biasanya mengalami kerusakan pada dynamo ampere, rem, body, kopling, dan kelistrikannya. Sedangkan mobil yang pernah mengalami kecelakaan hingga mengenai struktur mobil, chasis biasanya yang bermasalah, sudah tidak lurus lagi dan cukup membahayakan.

Keuntungan membeli mobil bekas.
  1. Dengan membeli mobil bekas, sudah pasti kita akan mendapatkan harga yang jauh lebih murah daripada beli mobil baru.
  2. Beli mobil bekas itu kendaraan bisa langsung kita bawa pulang hari itu juga, kalau beli mobil baru pasti ada jeda waktu cukup lama untuk mobil sampai ke tangan kita.
  3. Mobil bekas ini sudah mengalami penyusutan di awal, sehingga jika kita mau menjualnya lagi, tidak akan menyusut sebanyak penyusutan awal.
  4. Bisa menemukan mobil-mobil yang type-nya sudah tidak diproduksi lagi.


Kekurangan membeli mobil bekas.
  1. Mobil bisa tiba-tiba disita karena sebenarnya mobil tersebut telah bermasalah.
  2. Pembeli bisa mengalami kerugian material, karena fisik dan dokumen tidak sesuai.
  3. Tidak sedikit penjual yang nakal, seolah membuat konsumen senang padahal yang dikatakannya itu bohong, seperti jumlah kilometer yang dibuat rendah.
  4. Sebelum membeli mobil bekas baiknya cek dulu ke samsat, apakah mobil tersebut aman tau bermasalah, karena bisa menyebabkan pembeli tidak bisa melakukan BBN atau Biaya Balik Nama di STNK dan BPKB.
  5. Jika tidak cermat, bisa terkena ancaman pidana 6 tahun, karena pemilik mobil sebelumnya memiliki catatan buruk di kepolisian dengan mobil tersebut sehingga justru kita yang ikut keseret.


Mobil88 sendiri selalu memastikan mobil yang dijualnya aman untuk konsumen, tidak ada mobil yang abis terkena banjir dan bekas kecelakaan yang merusak struktur mobil. Walau sudah memberi pelayanan terbaik, Mobil88 tidak memungkiri bahwa masih ada konsumen yang komplain. Meskipun kita membeli mobil bekas, untuk segala jenis perbaikan disarankan langsung ke bengkel resminya. Kata Pak Halomoan, mobil bekas yang masih enak dipakai itu lima tahun ke belakang

Untuk pasar mobil bekas itu sendiri sebenarnya bukan selalu orang yang tidak punya uang, kelas menengah ke atas juga banyak yang membeli mobil bekas dengan kebutuhannya masing-masing. Berdasarkan analisis pemasaran industri mobil bekas, di tahun 2015 Indonesia memiliki 3.039.873 pengguna, dan merupakan negara dengan peringkat satu terbanyak dari Thailand, Malaysia, Philipines, Vietnam, Singapura, dan Brunei. Itu artinya peminat mobil bekas di Indonesia tidak sedikit bahkan meningkat setiap tahunnya.

Kalau ditanya kenapa harus beli mobil bekas di Mobil88? Ini jawabannya.
  1. Bergaransi, karena odometernya asli, tidak bekas banjir, nomor rangka dan mesinnya sesuai, dokumen terjamin, dan tidak bekas tabrakan.
  2. Berkualitas, karena alur QC-nya terjamin.
  3. Tersedia berbagai merek dan jenis, mobil Jepang hingga Eropa pun tersedia.
  4. Website faktual
  5. Free layanan darurat
  6. Tersedia 21 cabang di 9 kota


Selesai sesi Mobil88, Pak Hendrik menerangkan tentang Hyundai yang menawarkan jasa jual mobil bekas dengan layanan AutoSAFE. AutoSAFE yang menjadi strategi pengembangan Hyundai ini memiliki visi memberikan kepercayaan dan rasa aman pada pelanggannya. Tersedia 5 outlet AutoSAFE di Simprug, Cibubur, Kalimalang, Soekarno-Hatta Bandung, dan Gatot Subroto Bali, AutoSAFE mempunyai misi sebagai berikut:
  1. Meningkatkan resale value used car Hyundai.
  2. Mendukung penjualan kendaraan baru.
  3. Sebagai price setter untuk harga pasar used car Hyundai.
  4. Memberikan pilihan alternatif yang baik bagi konsumen yang menginginkan used car Hyundai.


Untuk memuaskan konsumen, Hyundai memberi garansi 3 tahun tanpa batasan kilometer. Sebelum membeli dan menjual mobil bekas, Hyundai selalu mengecek mobilnya seoriginal mungkin sama seperti Mobil88 yang mengecek semua surat-surat dan fisik mobil. Penting juga, nih, kita tahu track record mobil bekas yang mau dibeli agar tahu history mobil tersebut.

Hyundai sendiri berorientasi pada produk, yang artinya mementingkan kualitas produk, bukan kuantitas produk sehingga membuat konsumen nyaman. Di AutoSAFE ada program buy back guarantee yang dengannya kita dapat langsung menghitung perkiraan harga mobil Hyundai hingga 3 tahun ke depan. Di tahun pertama biasanya penyusutan 85% - 80%, tahun kedua menyusut 75%, dan di tahun ketiga penyusutan hingga 70%. Tujuan dari buy back guarantee adalah menjadi acuan harga untuk menjual mobil agar tidak menjual dengan harga yang terlalu rendah.

Staff Mobil123 foto bersama

Soul matter menghibur di awal dan akhir acara

(dok. ISB)

Nah, gimana? Mau beli mobil baru atau bekas?
Yuk, pertimbangkan lagi, hemat itu pilihan.



Komentar

  1. ini bermanfaat, supaya lebih tau beli mobil bekas yg baik dan ga salah pilih yak

    BalasHapus
  2. saat ini mobil bekas lebih di minati ya..
    karna dg penawaran harga yg lbh ringan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak, banyak juga ternyata peminat Mobil bekas di Indonesia.

      Hapus
  3. Beli mobil bekas memang gampang susah. Untung nemukan solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, makanya beli di tempat terpercaya, Mpok.

      Hapus
  4. Itu foto paling pertama itu pilihan juga ngga hihi... :D :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pilihan, tapi dijamin masih segel pabrik. Hihihi

      Hapus
  5. Mobil bekas asal berkualitas ya

    BalasHapus
  6. Yups, memilih mobil bekas, dengan dealer yang kredibel kan jadi untung kitaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah terjamin ya Bu, jadi gak was was.

      Hapus
  7. Mobil bekas asal masih Bagus ga apa-apa, tapi kita sebagai pembeli harus selektif sih.

    BalasHapus
  8. mobil bekas tak masalah, asal tahu tips sehingga benefitnya didapat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Om, yg penting beli sesuai kebutuhan.

      Hapus
  9. Klo memang mobil bekas masih dapat digunakan dengan baik... kenapa tidak... say yes for mobil bekas...

    BalasHapus
  10. Mobil bekas juga bagus kok, ga harus beli mobil baru kan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang penting fungsinya sama. Hihihi

      Hapus
  11. wahh lengkap banget bahasan soal mobil bekasnya, pasti berguna banget buat yang lagi cari2 mobil bekas dan masih ragu mau beli :)

    BalasHapus
  12. baik baru atau bekas emang tergantung pilihan kita ya mbak
    acara kemaren betul2 membuyarkan stigma negatif tentang mobil bekas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas roelly, yg bekas belum tentu buruk.

      Hapus
  13. baca postingannya jadi tau lebih mengenai mobil88. klo mo beli mobil bekas bisa cek disana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Katanya pelayanannya juga ramah tuh Mbak.

      Hapus
  14. Klo buat sy baru atau bekas, sama aja tergantung kbutuhan juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama Mas saya juga gitu, yg penting kebutuhan terpenuhi.

      Hapus
  15. Emang harus ati-ati banget beli mobil bekas ya. Kalo nggak jeli malah buntung dan jajan mulu ke belakangnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, banyak perbaikan ini itu, Mbak.

      Hapus
  16. yang bekas okelah, asal hati2 dan pinter milih....atau beli aj di tempat terpercaya spt mobil123 or mobil88 :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haseeek, Om rahab siap beli lagi nih keknya.

      Hapus
  17. Hidup itu opsi...
    Bekas or baru yg penting kualitasnya..

    BalasHapus
  18. jadi nggak was was lagi kalau mau beli mobil bekas, karena sudah tau tempat yang bisa dipercaya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak. Gak gelisah lagi takut ini itu.

      Hapus
  19. Dipilih…dipilih…dipilih mobil bekas boleh, asal bukan hati bekas. #eh

    BalasHapus
  20. Wah, oke nih ya Hyundai ada buy back guarantee ya, jadi bantu pembelinya yang mau jual mobilnya lagi ya ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, layanan Hyundai terus bertambah, Mas.

      Hapus
  21. saya jadi kepengen beli mba, infonya sangat lengkap dan bermanfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo beli mbak riri, mau pioih mana. Hihi

      Hapus
  22. mendingan beli mobil bekas yaaaa.. murah dan aman asal belinya di autosafe

    BalasHapus
  23. Sebenarnya pengen yang baru ya, tapi kalau dana belum cukup, mobkas memang pilihan. Yaang penting kudu pinter milih dan ditempat terpercaya ya.

    BalasHapus
  24. Ngga baru asalkan mobilnya masih berkualitas, why not ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju mbak. Kan gak ada salahnya ya

      Hapus

Posting Komentar

Terima kasih jika anda berkenan meninggalkan komentar. Akan saya komen balik di blog Anda. Salam. :)