Film: Mereka Bilang, Saya Monyet!

Ges, setelah sekian lama aku tidak menulis di blog, selama pandemi ini entah apa saja yang aku lakukan, sibuk banget pokoknya. Hahaha.


Dan, sekarang aku kembali mau ulas satu film yang barusan banget aku tonton, film yang enggak terlalu laku di pasaran, iya,salah satu film yang susah buat ditonton, senang banget akhirnya bisa nonton bioskop secara online di bioskoponline.com. Aku tahu website ini dari Riyardi Arisman, dia posting di IG story_nya gitu, aku coba cek, dan langsung beli tiketnya dong. Cuma Rp 5.000 harga tiketnya, itu sebelum Ppn, ya. Tadi aku pakai OVO bayarnya.

 

Tiket yang aku beli itu film Mereka Bilang, Saya Monyet!

Nah,  pernah dengar? Atau malah sudah nonton juga?

Peran utamanya Titi Rajo Bintang, salah satu artis cantik eksotis ini bagus banget penjiwaannya. Dari awal film udah tahu kalau ini 17+, tapi rating filmnya sih 13+. Aku enggak ngeh berapa lama durasi filmnya, tapi selama nonton tuh kayak enggak ada adegan dan dialog yang sia-sia. Beneran padat banget, sampai aku cari-cari benang merah di setiap karakter.


Titi Rajo Bintang


Semua serba praduga, nyangkut sih memang, dugaannku benar selama film diputar, tapi endingnya yang bikin gila, twist banget, ini film asli surealis banget, pusing-pusing deh tuh sama pemeran masing-masing. dan, aku langsung, ah ternyata dia ... oh, ya ampun si itu ternyata ... astaga mereka tuh begini ...

 

Tapi, ada satu hal yang aku pikirkan, mungkin Titi Rajo Bintang sedang menempatkan orang-orang di sekitar dia untuk menjadi pemeran di kisah yang pernah dia alami. Oh, atau, ini semua hanya imajinasi Titi untuk menyelesaikan naskah ceritanya?

 

Tunggu, di balik itu semua ada Djenar Maesa Ayu yang menulis cerita. Ide-ide liar Djenar memang luar biasa, aku pernah baca satu cerita karya beliau, tapi lupa judulnya. Menuliskan tentang pelecehan seksual tapi pemilihan diksinya bagus banget, enggak berat tapi bikin sedikit mikir.

 

Film produksi Intimasi Production ini dapat 2 penghargaan sekaligus di FFI 2009, iya, ini film lama. Pemerannya masih terlihat jauh lebih muda dari sekarang. Hahaha. Penghargaan yang didapat itu Piala Citra Penulis Skenario Cerita Adaptasi Terbaik dan Pemeran Wanita Utama Terbaik. Nah, memang enggak salah deh kalau aku bilang aktingnya Titi di sini tuh bagus banget, bisa dapat penghargaan gitu.

 

Apapun itu, film ini kasih banyak pandangan sebuah kehidupan, jika kamu lebih di satu hal, kamu pasti kurang di hal lain. Dan, yang terjadi padamu saat ini, yang kamu jalani saat ini, semuanya selalu terkait benang merah dari masa lalu, walau sangat tipis. setiap orang punya mulut dan bisa berpikir apa saja, memang akan selalu ada pujian dan hinaan dari semua yang kita lakukan. Jadi, tetap lakukan saja selama itu baik untukmu. Iya, untukmu, jika ingin membahagiakan orang lain, bahagiakan dirimu dahulu.


(Potongan Adegan)


Semua yang terlihat baik-baik saja, bukan sempurna, hanya karena ditutupi dengan baik. Apa-apa yang tak terlihat, belum tentu tak ada. Mungkin justru keberadaan yang tak terlihat itu adalah sebenarnya kenyataan.

 

Judul Film: Mereka Bilang, Saya Monyet!

Sutradara: Djenar Maesa Ayu

Cast: Titi Rajo Bintang, Henidar Amroe, Ray Sahetapy

Komentar

  1. Thanks for the article you shared, I have new inspiration

    BalasHapus
  2. The shocking article is very well written

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah masuk ke blog ini, sila tinggalkan komentar.
:)