Inspirasi dalam Inspirato

Inspirato, acara Liputan6.com kali ini menghadirkan  tiga narasumber, M. Fajrin Rasyad sebagai Co-Founder Bukalapak, Deborah Dewi seorang Graphologist Indonesia, dan M. Bijaksana Junerosano CEO GreenerationID. Saya dan 15 teman dari komunitas TDB (TauDariBlogger) mendapat kesempatan mengahdiri acara tersebut.


Di lantai 8 gedung SCTV Tower senayan, diawali dengan registrasi dan makan siang. Tepat pukul 13:00 WIB, acara dimulai. Fajrin menjelaskan mengapa mereka mendirikan Bukapalak. Bukalapak didasari oleh kesulitan para pelapak atau orang yang memiliki barang untuk dijual, namun sulit bertemu dengan calon-calon pembeli. Bukalapak menjadi wadah, di mana para pelapak bisa ditemukan dengan pembeli yang tepat. Bukalapak menjadi pihak ketiga antara penjual dan pembeli, dalam pengertian bahwa pembeli akan men transfer uang ke Bukalapak, setelah itu Bukalapak memberitahukan pada pelapak bahwa ada konsumen yang ingin membeli barang tersebut. Setelah pembeli menerima barang yang dia pesan, barulah Bukalapak menransfer uang dari pembeli tersebut pada pelapak. Jadi, cukup aman bagi para calon pembeli yang takut pelapak tersebut akan menipu.

Deborah Dewi pun menyampaikan tentang suatu pencapaian. Baginya, sukses adalah ketika kita mencapai apa yang kita perjuangkan. Deborah Dewi satu-satunya seorang Graphologist di Indonesia, membaca tulisan tangan seseorang. Salah satu kasus yang per ah melibatkannya sebagai graphologist adalah pembunuhan menggunakan kopi dengan racun sianida beberapa waktu lalu. Ia juga menyampaikan, bahwa tak ada yang berjalan mulus begitu saja terjadi dalam kehidupan kita. Semuanya seimbang, suka-duka selalu beriringan. Intinya adalah percaya bahwa Tuhan tidak tidur.

Sesi terakhir diisi oleh M. Bijaksana Junerosano, dari kegemasannya dengan semakin menumpuknya jumlah sampah setiap hari, Sano menggerakkan program Greeneration, ia membuat tas-tas unik untuk kantong belanja. Dari kerja kerasnya bersama teman-teman, Sano berhasil menurunkan angka penggunaan kantong plastik dengan adanya program kantong plastik berbayar. Inspirato kali ini begitu menginspirasi, kaum muda diajak untuk selalu berjuang mencapai apa yang kita inginkan, dan selalu bersyukur.





Komentar