Untuk Angeline, Tontonan yang Menuntun

Sutradara Jito Banyu kembali menunjukkan kemampuannya dalam Untuk Angeline. Film yang akan diputar di bioskop pada tanggal 21 Juli ini sebagai persembahan menyambut hari anak nasional yang jatuh pada tanggal 23 Juli. Rabu, 1 Juni 2016 bertempat di Dapoer Sunda PIM 1, Jakarta Selatan-dirilis poster, trailer, dan original soundtrack Untuk Angeline. Untuk Angeline adalah film keluarga yang diharapkan tidak hanya sekadar tontonan tetapi juga tuntunan. Poster Untuk Angeline menunjukkan bunda Samidah (Kinaryosih) dan mengarah pada Angeline (Naomi Ivo) yang seakan mengatakan “...tersenyumlah terus...”


Film Untuk Angeline mengisahkan seorang ibu yang melahirkan anaknya dan tidak bisa menebus di rumah sakit karena faktor kemiskinan, lalu sang anak diadopsi dengan perjanjian tidak boleh bertemu hingga usia 18 tahun. Dengan kesedihan luar biasa namun tetap menyanggupi, Samidah merelakan anaknya diadopsi orang lain. Selama 9 tahun Samidah bekerja sebagai TKW untuk bisa mendapatkan kembali anaknya, namun apa daya ketika kembali ke tanah air ia dihadapkan pada kenyataan pahit bahwa sang suami menikah lagi dengan wanita lain.

Soundtrack Untuk Angeline dinyanyikan sendiri oelah Niken Septikasari sang produser dan Marsya Doeni dengan aransemen Bembi Noor. Musiknya bagus dan liriknya begitu menyentuh. Film yang juga dibintangi Teuku Rifnu Wikana, Roweina Umboh, Hans De Kreker, Dewi Hughes, Ratna Riantiarno, Emma Waroka, Paramitha Rusady, dan pemeran lainnya yang juga dengan penampilan spesial Kak Seto Mulyadi ini adalah merupakan film perjuangan anti kekerasan anak, jadi pembelajaran semua pihak dari pola pengasuhan, sistem adopsi, dan lainnya.

Seorang teman di dunia maya pernah berkomentar di salah satu postingan tentang angeline di wall saya, “Ini menjadi pelajaran bagi kita semua, semiskin apapun kita, jangan pernah memberikan hak asuh pada orang lain”. Ya, benar sekali menurut saya, bahkan salah seorang dosen saya mengatakan “...berikanlah apa yang anak butuhkan, bukan apa yang anak inginkan...”, maksudnya adalah anak membutuhkan kasih sayang, bukan semata materi dan pemenuhan segala keinginannya.





Ayo, jadi #SahabatUntukAngeline 



Komentar