Ketika Pendidikan Menjadi Perjuangan

Diawali oleh acha yang berpidato pada saat wisudanya di oxford. Sekar Palupi (Acha) menceritakan kisah perjalanan hidupnya dalam menuntut ilmu. Masuk di sekolah SD Gombang 2. Karena suatu hal, Sekar kecil (Chelsea Riansy) dikeluarkan dari sekolah.
Dengan berurai air mata, Bu Tupon (Kinaryosih) membawa Sekar pulang. Sekar akhirnya pindah sekolah dan di hari pertamanya sekolah, sekaligus sekar ditinggalkan oleh bapaknya. Setelah besar, Sekar kuliah di universitas dekat Malioboro. Jerih payah Sekar akhirnya bisa kuliah di Oxford selama 2 tahun, selama itu pula Sekar tidak berkomunikasi dengan keluarganya di Gunung Kidul. Peristiwa demi peristiwa terjadi. Sesampainya di kampung halaman, Sekar mendengar kabar buruk yang membuatnya begitu sedih.

Film MARS ini cukup menyentuh, hanya saja ada bagian-bagian yang kurang pas dalam film ini, seperti saat Sekar diminta membeli buku di sekolah. Padahal, sekolah di Jogja pada saat itu tidak ada pembelian buku, hanya guru yang memiliki buku dan dicatat di papan tulis. Dan, sangat kurang penggunaan bahasa Jawa untuk film yang berlatar di Jawa.

Di luar itu semua, film MARS ini membuat saya merindukan kampung halaman ibu, ya, Jogja. Suasana pedesaan yang begitu damai membuat saya tak rela jika melupakan Jogja.

Komentar