Agustusan Seru Transjakarta Keliling Kota

Piknik itu asik, siapa, sih, yang enggak suka piknik atau berwisata? Seperti Sabtu tanggal 13 Agustus 2016, saya bersama komunitas Tau Dari Blogger bersinergi dengan Transjakarta dan komunitas Transportasi Jakarta mengadakan wisata dengan hestek #WisataAsikTije. Pagi-pagi sekali saya sudah berangkat dari rumah di Serpong menuju lokasi pertemuan yang diawali dengan sarapan di Sturbuck sampingnya Sarinah. Karena kendala perjalanan kereta api dari serpong hingga
tanah abang, yang seharusnya jam 7 sudah sampai sana, akhirnya jam 8 saya baru tiba di lokasi.

Setelah salaman dan say hello sana-sini, saya mengambil sarapan yang sudah tersedia di meja, sambil menunggu kopi hitam panas di pagi hari. Tak hanya sarapan, pembagian kaos Transjakarta berwarna merah maroon bagi peserta yang belum memilikinya. Satu lagi yang paling kece, topi berwarna broken white dengan bordir nama peserta di sisi kanan topi.

Ngobrol ngalor-ngidul, jika ada yang bisa menjadi bahan bully, pasti langsung rame. Tak terasa sudah jam setengah sembilan, kami berjalan menuju halte terdekat untuk menunggu si Octo, ya, Octo gurita merah yang mehias bus wisata keliling Jakarta. Dikhususkan untuk kami, sekitar 60 peserta duduk manis di atas dan di bawah.

Mbak Fenti sebagai tour guide kali ini (biasanya enggak ada tour guide di bus wisata keliling Jakarta). Oh, ya, acara ini spesial banget, kenapa? Karena ada si bapak Dirut TJ, ya, Budi Kaliwono, juga ada kepala humas TJ, Prasetya Budi, panggil aja Pak Prabu. Pak Prabu juga jadi seksi repot bersama saya untuk acara seru ini. Saya akan terus bilang ini acara seru, tahu gak kenapa? Iya, dong, wisata kali ini dari Starbuck kita ke Kota Tua, lanjut makan siang dan diskusi di Platinum Sarinah. Selama di Kota Tua asik banget, dong, pada foto-foto. Kita juga bikin beberapa lomba, berhubung waktunya terbatas jadinya ada dua lomba. Pertama naik sepeda berboncengan tapi syarat pemenang adalah yang paling lambat sampai garis finis. Nah, lho, pasti susah banget ngimbanginnya. Kedua adalah lomba kata berantai, kelompok dibagi enam dan tujuh orang setiap kelompoknya. Orang pertama harus menghafal satu kalimat yang terdiri dari sepuluh kata, dan sampaikan berantai hingga orang terakhir. Semakin seru ketika setiap kelompok memiliki biang kerok, ya, orang yang mengacaukan isi kalimat yang sudah benar hingga imbasnya kekalahan di kelompoknya. Dari lomba sepeda, kami ambil tiga pemenang yang artinya ada enam orang yang berhak mendapat hadiah. Dari lomba kata berantai ada satu kelompok yang menang, dan itu kelompok pak Budi Kaliwono. Padahal sempet ada satu biang kerok, tapi hebatnya bisa sempurna kalimat yang disampaikan di akhir.

Kebersamaan ini juga divideokan menggunakan drone, kita tunggu hasilnya dan bisa lihat apa saja, sih, yang bikin seru. Setelah selesai di Kota Tua kami semua kembali menuju daerah Sarinah bersama si Octo yang setia menungu, ya, kami kembali untuk makan siang di Platinum. Jalanan cukup macet, namun semua itu tidak terasa ketika senyum dan tawa menghias. Sampai di Sarinah kami semua langsung masuk dan menuju Platinum, sudah disiapkan ruangan khusus dan meja-meja sudah terisi menu-menu yang telah kami pesan sebelumnya ketika masih di Kota tua. Saya pesan Ayam Asam Pedas, ternyata menu tersebut sedang tidak ada, akhirnya saya makan yang sudah tersedia di meja, entah itu steak ayam milik siapa, tanya kanan-kiri tidak ada yang mengakui, ya, saya jadikan hak milik saja. Semua makanan sudah tandas, tinggal kantuk yang terasa. Hmmmm. Pak Budi Kaliwono menyampaikan sepatah dua patah kata tentang Transjakarta dan #WisataAsikTije hari itu, maaf, ya, Pak, saya dengerin sambil tidur di pojokan. Hihihi....

Tiba saatnya pembagian hadiah bagi yang memenangkan lomba, pertama pemenang lomba sepeda, dipanggil enam orang untuk menerima hadiah berupa kartu JakCard berwarna orange. Kemudian pemenang lomba kata berantai, tujuh orang menerima kartu JakCard. Terakhir, saya yang mengumumkan pemenang live tweet, kami memang tak memberitahukan adanya lomba live tweet, akun twitter @awanmalangit yang berhak mendapatkan hadiah berupa kartu JakCard.

Yeay, acara seru hari Sabtu itu ternyata cukup memuaskan peserta lain. Terima kasih semua untuk partisipasi, kebersamaan, dan keseruannya.