Kemenpar dan AXN Memacu Adrenalin

Di Fairmont Hotel, tanggal 28 Juli 2016, jam 11:30 WIB saya tiba dengan bantuan Bapak Grab untuk menghadiri undangan dari Kemenpar dalam rangka mensponsori The Amazing Race Asia Season 5, acara dari saluran hiburan umum terkemuka di Inggris, AXN. Acara yang dibawakan oleh Daniel Mananta ini juga dihadiri Arief Yahya selaku Menteri Pariwisata
Republik Indonesia, Ang Hui Keng selaku Senior Vice President dan General Manager Sony Picture Television (SPT) Networks Asia, Nicodemus P. Lampe selaku Direktur Layanan PT Garuda Indonesia, juga pembawa acara The Amazing Race dari season 1 Allan Wu, untuk season 5 ini spesial dihadirkan co-host dari Indonesia Tara Basro.

Berdasarkan pidato Bapak Arief Yahya, ternyata pada bulan Januari 2016 jumlah pengunjung wisatawan mancanegara (wisman) mencapai 814,3 ribu kunjungan. Jumlah tersebut naik sebesar 3,60% dibandingkan Januari 2015. Destinasi wisata di Indonesia ini semakin bertambah setiap tahunnya, selalu ditemukan destinasi baru yang dapat di-explore.

Dari sekian banyak destinasi wisata di Indonesia, dalam acara The Amazing Race Asia diambil 5 kota yang belum bisa disebutkan wilayah mana saja. Saya, sih, tahu dari Bapak Arief Yahya yang keceplosan ngomong. Momen ini menjadi kesempatan emas bagi pariwisata Indonesia untuk memperlihatkan kekayaan dan keunikannya yang dikenal dengan Wonderful Indonesia. Indonesia dengan 13.466 pulau tropis berpasir putih yang memesona, persawahan padi yang subur di Jawa dan Bali, rimbunnya hutan hujan di Sumatra, Kalimantan, dan Sulawesi, padang Sabana di Nusa Tenggara, dan puncak gunung bersalju di Papua Barat. Nah, sudah bisa tebak di mana saja 5 destinasi The Amazing Race Asia di Indonesia?

Bapak Ang Hui Keng membuat The Amazing Race Asia kali ini berbeda dari sebelumnya, kali ini para penggemar dapat menjadi bagian dari pertandingan, berinteraksi dengan kontestan pada platform sosial dan terlibat dengan pertandingan dalam cara yang tidak terpikirkan sebelmnya. Penasaran, kan? Sama, saya juga.

Season 5 ini terdiri dari 11 tim dari 6 negara. Pertandingan ini akan mendorong mereka mencapai kemampuan maksimal, bahkan melampaui batasan diri mereka. Mereka akan menyadari bahwa mereka mampu lebih dari apa yang mereka bayangkan. Tak hanya para peserta, penonton pun bisa ikut terinspirasi dari petualangan yang dialami para kontestan.

Oh ya, dalam hal ini AXN di sponsori oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia dalam menyediakan beberapa tujuan spektakuler untuk para peserta. Lalu, Garuda Indonesia sebagai maskapai penerbangan resmi The Amazing Race Asia. GRAB aplikasi transportasi yang juga mengantarkan saya menuju Fairmont hotel. Terakhir disponsori pula oleh Great Eastern, perusahaan asuransi jiwa. Acara The Amazing Race Asia ini ditayangkan oleh pay-TV.


Apa sih The Amazing Race Asia?


The Amazing Race Asia adalah perjalanan ke beberapa negara dalam waktu yang sangat singkat. Nantinya 11 tim akan tiba di tujuan baru di mana mereka harus bertanding dalam serangkaian tantangan yang berhubungan dengan fisik, mental, dan seringkali emosional. Saat mereka menyelesaikan tugasnya, masing-masing tim akan mempelajari lokasi mereka berikutnya. Tim di posisi akhir, akan tereliminasi, dan tim yang pertama sampai pada destinasi terakhir berhak mendapatkan uang tunai sebesar USD 100.000. Nah, hitung sendiri, tuh, berapa kalau dirupiahkan. Kelihatannya sangat menyenangkan, pergi ke berbagai negara dan hadiah yang menggiurkan.


Sebelas tim yang terdaftar adalah sebagai berikut:

  1. Rachel dan Vicky: Pemandu acara pariwisata, Indonesia
  2. Louisa dan Treasuri: Sahabat masa kecil, Indonesia
  3. Yvonne dan Chloe: Ratu Kecantikan, Malaysia
  4. Alex dan Will: Kakak – adik, Malaysia
  5. Brandon dan Alphaeus: Teman sekolah, Malaysia
  6. Eric dan Rona: Suami – istri, Filipina
  7. Parul dan Maggie: Ratu kecantikan, Filipina
  8. Jk dan Mike: DJ radio, Singapura
  9. Rei dan Kenji: Saudara kandung, Singapura
  10. Tom dan Anita: Pacara, Thailand
  11. Lisa dan Nicole: Pasangan hidup, Vietnam

Indonesia memiliki 2 tim untuk The Amazing Race Asia kali ini, tim pertama ada Rachel dan Vicky pemandu acara pariwisata, dan tim kedua ada Louisa dan Treasuri yang merupakan sahabat sejak kecil. Mereka yang terpilih memiliki kepribadian AXN yang bersemangat, bertekad kuat, tidak terduga, dan mempunyai kadar oktan yang tinggi. Mereka akan bertransformasi, apakah menjadi lebih baik atau lebih buruk. Tim dari Indonesia pernah menjadi juara ke-3 di season 4 mereka adalah Hussein dan Natasha. Kita doakan semoga pemenangnya adalah satu dari dua tim Indonesia. Acara ini dibuat 10 episode, 5 episode di Indonesia dan 5 sisanya di 5 negara lain. Nantikan di Oktober 2016. Wonderful Indonesia.

Tarian pembuka acara

(ki-ka): Daniel Mananta, Allan Wu, dan Tara Basro

Vicky dan Rachel, tim dari Indonesia

Treasuri dan Louisa, tim dari Indonesia







Komentar