Tempat Kuliah yang Enggak Biasa

Pendidikan merupakan hal penting di zaman sekarang ini. Seakan semua orang berlomba-lomba masuk pada lembaga pendidikan yang terbaik. Mulai dari Taman Kanak-kanak hingga jenjang Universitas, semua seolah bersaing menarik minat para pencari jasa pendidikan. Selain kualitas pengajaran yang baik dan jaminan lulusan yang bagus, lembaga-lembaga tersebut harus
memiliki ciri khasnya sendiri, agar bisa dilirik dan menjadi pilihan. Seperti yang akan saya ulas di sini, kuliah S2 di hotel. Nah, coba bayangin kuliah di hotel, hmmm. Ternyata di Jakarta ada Amos Cozy Hotel yang menjadi tempat kuliah program pascasarjana magister manajemen. Pemilik Amos Cozy Hotel yang juga adalah pendiri Yayasan Solideo bekerja sama dengan STIE Dharma Bumiputera untuk mendirikan program S2 dengan nama Sola Bumiputera. Dengan visi menjadi program studi yang unggul di bidang ekonomi, bisnis dan manajemen, mempunyai sistem pendidikan, pengajaran dan pelatihan praktek yang bermutu sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan mendapat kepercayaan dari masyarakat.

Adapun misi-misinya sebagai berikut:
  1. Mengembangkan sistem pengajaran yang memasukkan teori, praktek, dan etika kerja di bidang ekonomi, bisnis dan manajemen pada strata 2 (S2) yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
  2. Mengembangkan, meningkatkan disiplin dan budaya kerja yang baik bagi para peserta didik sehingga dapat menerapkan teori dan praktek di bidang ekonomi, bisnis dan manajemen secara mandiri dan bertanggung jawab.
  3. Meningkatkan kreatifitas, integritas dan kompetensi para peserta didik untuk dapat berdaya saing di era transparansi global, untuk meningkatkan semangat kebersamaan dan tata kelola usaha yang baik.


Sola Bumiputera menjamin lulusannya berkualitas dalam dunia bisnis. Para lulusan yang memiliki pemahaman konseptual ekonomi, bisnis dan manajemen sesuai konsentrasi yang dipilih. Mampu memecahkan berbagai masalah dan kasus yang terjadi di dunia nyata melalui pembahasan kasus dengan landasan konsep dan teori yang telah dikuasai. Dilengkapi dengan pengetahuan dan keterampilan sesuai konsentrasi yang dipilih, yang ditandai dengan sertifikasi kompetensi. Memiliki etika bisnis dan etos kerja sesuai bidang konsentrasi yang dipilih. Dan, memiliki nilai integritas yang tinggi, intuisi yang tajam dan kreatif untuk memecahkan masalah dengan ide-ide baru.

Siapa saja, sih, yang bisa daftar di Sola Bumiputera? Siapa saja bisa, kok, yang penting lulusan S1 sederajat, pria maupun wanita, dan yang pasti merupakan warga negara Indonesia. Sola Bumiputera ini targetnya adalah orang yang sudah bekerja dan memiliki kemampuan untuk meningkatkan pendidikannya. Profesional di bidang ekonomi dan non ekonomi yang mau mendalami bidang manajemen. Serta pelaku usaha yang mau mendalami dan meningkatkan kompetensi di bidang manajemen.

Acara penandatanganan MoU di Bethoven Junior Ballroom, Amos Cozy Hotel antara Yayasan Solideo dan Dharma Bumiputera pada 20 Desember 2016 ini dihadiri Ketua STIE Dharma Bumiputera, Prof. Dr. Dr. (Hc). Hafid Abbas. Robert A. Evans, PhD. yang merupakan International guest & advisor lecture. Dra. Khoe Ribka sebagai pendiri Yayasan Solideo, juga dihadiri beberapa staff pengajar, blogger, dan media di Amos Cozy Hotel.

Prof. Dr. Dr. (Hc). Hafid Abbas yang merupakan ketua Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Dharma Bumiputera, juga sebagai Guru Besar Tetap pada Fakultas Ilmu Pendidikan di Universitas Negeri Jakarta ini menjadi staff pengajar pada Program Pascasarjana Magister Manajemen SOLA BUMIPUTERA.

Berikut staff pengajar pada Program Pascasarjana Magister Manajemen SOLA BUMIPUTERA:
  1. Prof. Dr. Dr. (Hc). Hafid Abbas
  2. Prof. J. Supranto, MA., APU.
  3. Prof. Dr. J. H. Sinaulan
  4. Prof. Dr. Sulastri S. Surono
  5. Prof. Dr. Dermawan Sjahrial, MM.
  6. Dr. Achmad Yaniarsyah, MM.
  7. Dr. Ir. Ahmad Syukri, MSc.
  8. Dr. Mawarto, MSi.
  9. Dr. Heri Sasono, SE., MM., Akt., CA., AAIJ., CPRM., CFP.
  10. Dr. Muhammad Anwar, MM.
  11. Dr. Wahyu Sajadi, MBA.
  12. Dosen praktisi di bidang keuangan, pasar modal, dan pemasaran.


Pra kuliah ada tes potensi akademik dan bahasa inggris. Melalui matrikulasi bagi yang memiliki latar belakang non ekonomi. Matrikulasi 4 (empat) mata kuliah yaitu:
  1. Pengantar manajemen
  2. Dasar akuntansi
  3. Pengantar statistik
  4. Pengantar ekonomi

Prosesnya diberikan 4 (empat) pertemuan dalam 1 (satu) bulan untuk masing-masing mata kuliah sebagai pengantar dan prasyarat untuk mengikuti mata kuliah utama.

Dalam perkuliahan menggunakan sistem paket dengan total 47 SKS dengan mata kuliah sebanyak 14 mata kuliah termasuk tesis 6 (enam) SKS. Mata kuliah diberikan selama 14 pertemuan per semester termasuk ujian:
6 kali pertemuan + UTS
6 kali pertemuan + UAS

Waktu perkuliahan hari Jumat pukul 18:30 – 21:00 WIB. Hari Sabtu pukul 08:00 – 16:30 WIB. Lokasi perkuliahan, UTS, dan UAS dilaksanakan di Hotel Amos Cozy yang berlokasi di Jl. Melawai Blok M, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. untuk pelaksanaan ujian tesis di Kampus STIE Dharma Bumiputera, Jl. Warung Jati no. 41, Warung Buncit, Jakarta Selatan.

Syarat mengikuti ujian tesis adalah mahasiswa wajib memperoleh sertifikasi sebagai syarat mengikuti ujian tesis yang didapat pada setiap akhir semester, yang wajib adalah sertifikasi kompetensi. Sertifikasi kompetensi dan sertifikasi pertemuan ilmiah di negara kawasan ASEAN. Ada 3 (tiga) sertifikasi kompetensi, Seminar & Workshop Perpajakan, Seminar & Workshop Value Chain Management, dan Seminar & Workshop Digital Economy

Total biaya yang harus dikeluarkan oleh calon mahasiswa selesai 4 (empat) semester atau 2 (dua) tahun termasuk 3 sertifikat wajib adalah sebesar Rp 45.000.000.-. ujian tesis dan wisuda akan ditentukan kemudian. Biaya lain sebagai berikut:
  1. Uang pendaftaran (untuk ujian masuk) Rp 500.000.-
  2. Uang jaket almamater Rp 500.000.-
  3. Uang remidial (terhitung sesuai jumlah SKS yang diambil)
  4. Uang perpanjangan masa studi yang melebihi 4 (empat) semester (50% dari uang per-semester)
  5. Biaya matrikulasi Rp 300.000.000.-
  6. Uang sertifikasi kompetensi dan kehadiran konferensi ilmiah di luar negeri.


Adapun syarat pendaftarannya adalah:
  1. Mengisi formulis pendaftaran.
  2. Pas foto terbaru, ukuran 3x4 sebanyak 3 (tiga) lembar.
  3. Fotokopi ijazah S1 yang dilegalisir.
  4. Trasnkrip nilai sebanyak 2 (dua) lembar.
  5. Fotokopi KTP sebanyak 2 (dua) lembar.
  6. Bagi pendaftar yang tidak berasal dari fakultas ekonomi wajib mengikuti matrikulasi.


Fasilitas yang didapat:
  1. Perpustakaan dan Laboratorium komputer (STIE Dharma Bumiputera)
  2. Ruang kuliah nyaman dengan thematic room (Amos Cozy Hotel)
  3. Disiapkan 1x makan siang atau makan malam standar hotel berbintang
  4. Disiapkan 2x coffee break
  5. Fitness center
  6. Indoor swimming pool


Kalau ditanya, kenapa harus S2 di Sola Bumiputera? Jawabannya, karena telah disiapkan sesuatu yang berbeda, terobosan baru dalam dunia pendidikan. Pengajar-pengajarnya pun profesional dan berkompetensi khusus magister manajemen. Tenaga pengajar lulusan universitas luar negeri dan dalam negeri yang ternama dengan pengalaman akademisi dan praktisi. Memperoleh tambahan sertifikasi wajib kompetensi yang dibutuhkan. Proses belajar dan mengajar dua arah yang komunikatif dan kreatif dengan membedah berbagai kasus nyata. Tempat belajar yang nyaman dan dijamin lulus dalam 2 (dua) tahun dengan ketentuan dan syarat yang berlaku.

Informasi pendaftaran langsung saja hubungin Gracia Cita di nomor 087881527333.

(dok. Sola Bumiputera) Penandatangan MoU oleh Prof. Dr. Dr. (Hc). Hafid Abbas dan Dra. Khoe Ribka

(dok. Sola Bumiputera) Jajaran staf dan pengurus Sola Bumiputera


Komentar