BPJS Kesehatan: Layanan JKN Selama Libur Lebaran


Puasa hari ke-9, sore menjelang waktu berbuka puasa aku malah menjauh dari rumah, menembus keramaian kota menuju lokasi di mana undangan tersebut menyebutkannya. Iya, hari ini Aku menghadiri acara sosialisasi layanan BPJS Kesehatan selama ramadan dan libur lebaran 2024 yang ditutup dengan buka puasa bersama.

Senang rasanya bertemu dengan banyak orang dan teman-teman di acara ini, kami mendengarkan materi yang disampaikan dan melakukan diskusi terkait layanan BPJS Kesehatan dan kesiapannya untuk menyambut libur lebaran tahun ini.

BPJS Kesehatan atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan adalah program yang penting banget, karena kehadirannya ini untuk melindungi kesehatan masyarakat Indonesia. Banyak orang terbantu dalam mendapatkan pelayanan kesehatan yang berkualitas.

Saat ini iuran BPJS Kesehatan sesuai kelasnya adalah sebagai berikut:

Kelas 1: Rp 160.000 / bulan

Kelas 2: Rp 100.000 / bulan

Kelas 3: Rp 42.000 / bulan

Iurannya sendiri bisa dibayarkan melalui kantor cabang BPJS Kesehatan, bank, mesin ATM, juga minimarket, tinggal disesuaikan saja mana yang memudahkan untuk kita membayarnya. Selain iurannya yang mudah pembayarannya, daftarnya juga mudah, ada beberapa pilihan, bisa online via website BPJS Kesehatan, aplikasi Mobile JKN atau juga PANDAWA (Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp).

Bagi peserta dan calon peserta BPJS Kesehatan sebaiknya sudah menyelesaikan keperluan BPJS Kesehatan sebelum bulan ramadan untuk menghindari kesibukan, karena seperti kita tahu, saat bulan ramadan jam kerja menjadi lebih pendek. Layanan online BPJS Kesehatan yang tersedia harus dimanfaatkan untuk meminimalisir antrian, karena antrian di kantor BPJS Kesehatan tidak pernah sepi. Menghubungi care center BPJS Kesehatan di 165 juga bisa jadi salah satu pilihan untuk mengajukan pertanyaan atau mendapatkan bantuan.

Aku sendiri memanfaatkan aplikasi Mobile JKN untuk memantau dan mengakses berbagai layanan BPJS Kesehatan. Paling penting juga bagi yang punya media sosial, bisa mengikuti akun-akun BPJS Kesehatan untuk mendapatkan informasi terbaru. Terutama info-info terkait layanan selama libur lebaran. Untuk yang mudik juga tetap bisa kok menggunakan BPJS di faskes berbeda, karena jika termasuk ke dalam keadaan darurat, faskes harus menerima pasien.

Selama masa libur lebaran tanggal 8 s/d 15 April 2024, layanan BPJS Kesehatan tetap berjalan, enggak perlu khawatir tidak mendapatkan layanan jika butuh saat masa liburan nanti, ya, karena ada system piket bagi pegawainya, untuk memastikan pelayanan tetap berjalan.

Ki-ka: Ketua Umum ARSSI drg. Iing Ichsan Hanafi MARS, MH., Ketua YLKI Tulus Abadi, Dirut BPJS Kesehatan Prof. dr. Ali Ghufron Mukti, M.Sc, Ph.D., Direktur Jaminan Pelayanan Kesehatan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dr. Lily Kresnowati, M.Kes., dan Deputi Direksi Bidang Komunikasi Organisasi Irfan Humaidi.


Ali Ghufron Mukti selaku Dirut BPJS Kesehatan mentampaikan bahwa pronsip profitabilitas diwujudkan dalam memberikan jaminan pelayanan kesehatan yang mudah, cepat, dan setara bagi peserta di seluruh Indonesia. Kalau kita ada di wilayah luar FKTP terdaftar, tetap bisa akses layanan rawat jalan di FKTP lain maksimal 3 kali kunjungan dalam kurun waktu 3 bulan.

Untuk info faskes yang buka saat libur lebaran, bisa dicek melalui aplikasi Mobile JKN, website, atau Care center 165. Layanan administrasi dan layanan kesehatan tetap ada, misalnya saja ingin melakukan pendaftaran peserta baru, itu bisa dilayani juga saat libur lebaran.

Untuk bisa memanfaatkan layanan BPJS Kesehatan saat libur lebaran tahun ini pastikan kartu BPJS kita masih aktif dan iuran telah dibayarkan, ya. Satu hal lagi yang paling penting, nih, sebelum berobat menggunakan layanan BPJS Kesehatan, pastikan faskes yang dituju itu buka.

Untuk peserta yang merupakan pasien PRB dan akan pergi ke luar kota cukup lama, bisa mengambil obat 7 hari sebelumnya dan obat bisa disesuaikan jumlahnya hingga 30 hari.

BPJS Kesehatan juga siapkan Posko Mudik mulai tanggal 5 - 9 April 2024 di titik-titik berikut:

1. Terminal Pulo Gebang di Jaktim.

2. Pelabuhan Merak di Banten.

3. Rest Area Tol Travoy KM 88A di Purwakarta.

4. Rest Area Tol Palikanci KM 207A di Cirebon.

5. Rest Area Tol Ungaran KM 429A di Kab. Semarang.

6. Terminal Purabaya di Sidoarjo.

7. Pelabuhan Soekarno-Hatta di Kota Makassar.


MUDIK AMAN BERKESAN BERSAMA BPJS KESEHATAN


BPJS Kesehatan Care Center: 165 (24 jam)

Chat assistant JKN melalui WhatsApp (PANDAWA): 0811-8-165-165 (Senin-Jumat pukul 08.00-12.00)

Chat Assistant JKN (CHIKA) chatbot: 0811-8-750-400

Website BPJS Kesehatan: https://bpjs-kesehatan.go.id/

 

Komentar